7 Tips dalam Packing untuk Berwisata ke Luar Negeri

By On Kamis, Desember 31st, 2020 Categories : traveling

packing

Saat berwisata ke luar negeri, packing menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Pasti Anda akan repot sendiri jika berwisata ke luar negeri tetapi ada benda penting yang ketinggalan karena saat packing terburu-buru dan tidak diatur dengan baik. Packing yang tidak terorganisir dengan baik juga dapat menyebabkan Anda membawa benda-benda yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan dalam jumlah yang banyak atau dengan bobot yang cukup berat. Akibatnya, saat check in di bandara Anda harus membayar mahal lagi karena koper terlalu berat, Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi koper terbaik dari BestSpy. Nah, agar wisata ke luar negeri Anda lancar, penting untuk memperhatikan 7 tips dalam packing berikut ini.

  1.     Buat daftar barang yang akan di packing

Sebelum memulai packing, rencanakan terlebih dahulu apa saja yang akan Anda bawa. Beberapa hari sebelum keberangkatan wisata Anda, sempatkan untuk merencanakan packing. Perhatikan berapa hari Anda akan berwisata serta tempat apa saja yang rencananya akan dikunjungi. Tentunya hal ini akan mempengaruhi jumlah dan model baju yang perlu Anda bawa. Pastikan Anda tidak terlewat untuk memasukkan benda-benda yang penting bagi Anda ke dalam daftar. Dengan membuat daftar packing beberapa hari sebelum berangkat wisata, Anda juga punya waktu untuk membeli barang yang Anda butuhkan untuk dibawa.

  1.     Mengemas cairan dalam wadah kecil

Saat berwisata ke luar negeri, ingatlah kita tidak dapat membawa cairan dengan volume 100mL atau lebih ke dalam kabin pesawat. Jadi jika Anda membawa sabun cair, sampo, parfum, atau benda cair lainnya, pindahkan dulu ke dalam wadah kecil dengan volume kurang dari 100mL sebelum dipacking.

  1.     Perhatikan kebijakan maskapai mengenai berat barang bawaan Anda

Umumnya saat bepergian ke luar negeri, penumpang pesawat diizinkan untuk membawa barang bawaan seberat 7kg saja. Jika lebih berat dari itu, maka Anda harus menyimpan barang bawaan Anda di dalam bagasi dan Anda perlu membayar untuk ini. Cek kembali tiket pesawat Anda dan perhatikan bagaimana kebijakan maskapai yang Anda gunakan tentang hal ini. Pastikan Anda hanya membawa barang yang diperlukan dan sebisa mungkin hindari membawa barang yang berat. Jika memang tidak memungkinkan dan Anda perlu membawa koper dengan berat lebih dari 7kg, pertimbangkan untuk membeli bagasi beberapa hari sebelum check-in secara online. Biasanya harganya akan lebih murah jika dibandingkan membeli bagasi di bandara saat check in.

traveling ke luar negeri

  1.     Siapkan tas dan koper yang akan dibawa

Saat memasuki kabin pesawat, Anda hanya diizinkan untuk membawa satu koper dan satu tas. Jenis tas yang dapat dibawa diantaranya tas jinjing, tas punggung, dan tas laptop. Jadi tentukan tas yang akan Anda bawa dan aturlah benda apa saja yang akan Anda masukkan ke dalamnya. Hindari membawa tas plastik atau kresek untuk membawa barang bawaan Anda (misalnya karena sehabis berbelanja).

  1.     Jangan memasukkan barang berharga ke dalam bagasi

Jika barang bawaan Anda sangat banyak sehingga Anda harus menyimpannya di dalam bagasi, pastikan untuk tetap membawa barang berharga sendiri ke dalam kabin. Jadi, sebaiknya hanya koper saja yang masuk bagasi. Sementara dompet, paspor, kartu kredit, perhiasan, dan barang berharga lainnya sebaiknya disimpan di dalam tas yang akan Anda bawa ke kabin pesawat. Meskipun Anda tidak meragukan keamanan bagasi pesawat, hal-hal tak terduga seperti koper yang tertukar atau hilang masih dapat terjadi.

  1.     Gulung baju Anda, jangan dilipat

Saat memasukkan baju ke dalam koper, gulunglah baju Anda hingga menjadi gulungan yang rapat sehingga tidak akan menyita banyak tempat di dalam koper. Dengan begitu Anda akan memiliki lebih banyak ruang dalam koper untuk menyimpan yang lain. Baju yang dipacking dengan cara digulung juga akan terhindar dari kusut yang dapat terjadi saat baju dilipat.

  1.     Gunakan plastik vakum

Gunakan plastik vakum agar lebih rapi dan hemat tempat, Anda dapat memasukkan barang bawaan dalam beberapa plastik terpisah dan memvakum plastik pembungkusnya dengan alat vakum. Dengan begitu barang bawaan Anda lebih terorganisir dan hemat tempat.

Jika packing Anda telah terorganisir dengan baik, Anda dapat meminimalkan berbagai kesulitan yang tak terduga pada barang bawaan Anda saat berwisata ke luar negeri. Liburan Anda pun menjadi lebih tenang dan menyenangkan seperti yang Anda inginkan.

 

7 Tips dalam Packing untuk Berwisata ke Luar Negeri | Destiara Cahaya | 4.5