9 Hal Unik Kebudayaan Suku Batak

By On Sabtu, April 24th, 2021 Categories : traveling

festival batak

Tepat memang jika semboyan negara kita adalah Bhineka Tunggal Ika. Sebab memang, Indonesia kaya akan berbagai macam hal. Dari suku bangsa, agama, ras, bahasa, hingga adat istiadat. Semuanya tak hanya membuat sukunya saja yang bangga. Tetapi juga kita dan seluruh bangsa.

Dari sekian banyak suku yang ada di Indonesia, Suku Batak adalah salah satu suku yang memiliki adat dan kebudayaan yang unik. Yang tentu, adat dan kebudayaan ini tak dimiliki suku yang lain. Anda tahu apa saja keunikan adat dan kebudayaan yang dimiliki suku Batak? Yuk, tambah wawasan Anda dengan 9 fakta unik dari suku yang berada di Sumatera Utara ini.

  1. Punya Sub Suku

Seperti halnya suku-suku lain yang ada di nusantara, suku batak juga memiliki beberapa sub suku. Sub suku ini dibedakan dari wilayah asalnya. Mirip dengan suku Jawa. Ada Jawa Surabaya, Jawa Yogyakarta, Jawa Solo, Jawa Malang, atau yang lainnya. Nah Batak juga sama. Walau pun secara umum banyak kesamaanya, akan tetapi jika dilihat secara detail, terdapat beberapa perbedaan. Bahasa, kebiasaan, dan juga budaya merupakan pembedanya. Sub suku Batak ini di antaranya adalah Batak Toba, Batak Karo, dan juga Batak Simalungun.

  1. Pariban (Sepupu)

Dalam suku Batak ada yang namanya pariban, yaitu sepupu. Nah pariban ini bisa menjadi jodoh atau istilah dalam bahasa bataknya rokkap. Tapi pariban in bukan sembarang sepupu. Karena tak semua sepupu bisa menjadi rokkap. Pariban ini adalah sepupu, yang jika Anda perempuan (anak perempuan dari tulang), Anda bisa menikah dengan anak laki-laki dari adik perempuan ayah. Adapun jika Anda laki-laki (anak laki-laki dari namboru), Anda bisa menikah dengan anak perempuan dari adik laki-laki ibu.

Fenomena menikah dengan pariban memang masih ada di masa sekarang. Akan tetapi karena banyak pertimbangan, yaitu perkembangan zaman dan juga faktor kedekatan, kini pernikahan dengan pariban tak banyak dilakukan. Karena pada dasarnya memang tidak ada kewajiban.

  1. Martarombo

Martarombo adalah mengobrol atau berbincang dalam hal mencari silsilah kekeluargaan. Ya, orang batak ketika bertemu dengan orang batak lainnya, di mana pun itu, pasti akan saling mengobrol mengenai silsilah kekeluargaan. Dari bertanya seputar marga hingga yang lainnya. Sehingga pada akhirnya, mereka akan menemukan hubungan pertalian dengan marganya sendiri. Dan pada umumnya, setelah martarombo terjadi, di antara mereka hampir selalu ada hubungan pertalian saudara.

budaya batak

  1. Tuhor

Kita mungkin mengenal Tuhor sebagai Mahar. Ya, mirip dengan mahar, tuhor bisa diartikan sebagai uang yang diberikan kepada perempuan ketika akan dilamar oleh laki-laki. Nah uang tuhor ini, oleh pihak perempuan akan dipakai untuk biaya pernikahan, untuk belanja pakaian pengantin perempuan, dan untuk memenuhi biaya kebutuhan pernikahan lainnya. Pengaturannya tergantung pada kesepakatan di antara pihak keluarga laki-laki dan juga pihak keluarga perempuan.

Besarnya tuhor ini unik. Di mana hal ini tergantung pada tingkat pendidikan si perempuan. Semakin tinggi tingkat pendidikan dan juga posisi pekerjaan si perempuan, maka semakin besar pulalah uang tuhor yang harus diberikan.

Se[erti halnya pernikahan pariban, adat tuhor ini memang ada yang masih dipegang teguh. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman, dan pertimbangan ini itu, banyak orang batak yang menjadi lebih moderat. Mereka tak lagi mempermasalahkan mengenai tuhor lagi. Apalagi jika si perempuan dan si laki-lakinya sudah saling mencintai. Semua tak akan dipersulit.

  1. Mandok Hata

Adat kebudayaan orang Batak memang unik. Termasuk yang satu ini. Mandok Hata. Bisa diartikan sebagai berbincang-bincang menjelang tahun baru. Jadi biasanya, menjelang tahun baru keluarga besar akan berkumpul. Mereka akan saling bercerita. Dari mulai hal-hal yang terjadi setahun yang sudah dilalui (refleksi), saling meminta maaf, hingga rencana mengenai apa yang ingin dilakukan dan dicapai di tahun yang akan datang. Perbincangan biasanya dimulai dari orangtua terlebih dahulu, baru kemudian ke anak yang paling kecil.

  1. Terlarangnya Menikah Satu Marga

Secinta apa pun Anda dengan seseorang, jika Anda orang batak, dan orang tersebut memiliki marga yang sama, atau berada dalam satu silsilah yang sama (walaupun berbeda marga), Anda terlarang untuk menikahinya. Sebab dalam adat dan budaya batak, satu marga dan satu silsilah itu dianggap sebagai saudara. Jadi, jika Anda orang batak, jika bertemu dengan siapa pun, apalagi seseorang yang mulai Anda suka, ada baiknya ditanya marga dan silsilahnya terlebih dahulu. Supaya Anda tidak kecewa karena terlarang untuk menikah dengannya.

  1. Mangulosi

Mangulosi bisa diartikan sebagai acara pemberian kain ulos, kepada siapa saja. Misalnya dari orang tua kepada anaknya, kepada kerabat, atau kepada tokoh tertentu dari orang yang dituakan. Sebagaimana kita tahu, kain Ulos kan merupakan kain tradisional khas Batak yang memiliki nilai tinggi bagi masyarakat batak. Dan kain ulos ini terdapat dalam berbagai macam jenis, tergantung pada fungsi pemakaiannya. Pernikahan, kematian, pemberian gelar, atau yang lainnya itu menggunakan kain ulos yang berbeda-beda. Kain ulos juga menunjukkan strata sosial seseorang.

rumah batak

  1. Konsep Rumah Batak

Konsep rumah batak juga tak kalah unik dari kebudayaan yang lainnya. Rumah panggung batak yang memiliki pintu masuk yang lebih rendah itu mengandung arti bahwa tamu itu harus menghormati tuan rumah. Jadinya, tamu harus selalu mengikuti aturan yang sudah dibuat di rumah tersebut. Berbeda ya dengan filosofi yang ada di daerah lain, di mana tamu konon diperlakukan seperti raja.

  1. Cicak dan Orang Batak

Untuk orang batak, cicak adalah simbol mereka. Filosofinya, cicak itu mampu hidup di mana-mana, baik di rumah kecil, sedang, atau pun besar. Nah orang batak juga harus begitu. Bisa beradaptasi dan bertahan dengan segala permasalahannya di mana pun mereka berada.

Itu dia 9 hal unik kebudayaan suku batak. Menarik sekali, ya. Sebab memang tak dimiliki oleh suku lain. Ingin tahu lebih jauh adat dan kebudayaan suku batak? Ada baiknya Anda langsung ke tanah batak. Caranya mudah, cari aja promo tiket pesawat terbaru di sini. Dan langsung terbang deh ke Medan. Anda pasti akan jadi tahu lebih banyak soal adat dan budaya batak.

Tak perlu khawatir soal transportasi dari dan menuju bandara Kualanamu. Anda bisa pesan kereta bandara. Nyaman dan cepat. Tapi selalu taat protokol kesehatan ya. Baik sejak dari rumah, hingga kembali lagi ke rumah. Supaya tubuh selalu sehat, dan perjalanan pun tetap menyenangkan.

9 Hal Unik Kebudayaan Suku Batak | Destiara Cahaya | 4.5