Ini dia Rute Tol Jakarta-Surabya Untuk Mudik Nanti

By On Sabtu, Juni 2nd, 2018 Categories : Otomotif, traveling

Musim mudik sebentar lagi akan segera tiba, jutaan orang akan pulang ke berbagai daerah asalnya dengan bermacam moda transportasi. Tradisi tahunan ini memang menjadi fenomena khas tersendiri disetiap tahun menjelang lebaran. Menyempatkan diri pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga yang selalu dirindukan. Nah bagi pembaca yang berniat untuk mudik ke jawa timur dari jakarta menggunakan mobil, informasi rute tol dan perkiraan biayanya ini semoga membantu.

tol jakarta surabaya

Pemerintah Jokowi tahun ini berhasil mewujudkan jalur tol Jakarta-Surabaya dapat terhubung dan dilewati oleh para pemudik. Dan diharapakn akan mempermudah para pemudik untuk mencapai tujuannya masing-masing. Lalu berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat menikmati jalur tol tersebut ??. Tidak sampai jutaan rupiah kok, bagi kendaraan golongan 1 biaya yang dikeluarkan hanya sekitar Rp 344 ribu rupiah.

Perinciannya adalah bagi kendaraan Golongan 1 dengan rute Jakarta-Semarang, setidaknya melalui beberapa ruas jalan tol. Untuk pertama ruas Jakarta-Cikampek tarifnya adalah Rp 15 ribu, ruas Cikampek-Palimanan bertarif Rp 102 ribu, ruas Palimanan-Kanci Rp 12 ribu, ruas Kanci-Pejagan Rp 24 ribu dan ruas Pejagan-Brebes Timur Rp 20 ribu.

Lalu selanjutnya jalur Brebes Timur-Pemalang dapat dilalui dengan gratis karena mengingat ruas ini masih fungsional dan belum beroperasi penuh. Sedangkan untuk ruas Pemalang-Batang dan Batang-Semarang akan dioperasikan secara fungsional dan gratis. Dengan demikian jika ditotal maka tarif untuk Jakarta-Semarang hanya sebesar Rp 173 ribu.

Lalu selanjutnya rincian biaya ruas Semarang-Surabaya adalah , rute ini akan melalui ruas Semarang-Solo dengan tarif total Rp 37 ribu. Sementara ruas Salatiga-Sragen karena masih fungsional maka belum ditarif alias gratis, ruas Solo-Ngawi (IC Ngawi-Ngawi) tarifnya Rp 4.000, ruas Ngawi-Kertosono (Klitik-Wilangan) bertarif  Rp 48 ribu. Sementara ruas Kertosono-Mojokerto (Bandar-Mojokerto) bertarif Rp 46 ribu, dan ruas Surabaya-Mojokerto (Mojokerto-SS Waru) bertarif Rp 36 ribu.

Dengan demikian total tarif jalan tol rute Semarang-Surabaya total hanya Rp 171 ribu. Jadi jika ditotal, biaya untuk Jakarta-surabay total uang yang harus dikeluarkan pemudik sebesar Rp 344 ribu. Untuk ruas fungsional, para pemudik diharapkan untuk berhati-hati karena belum terpasangnya berbagai marka jalan.

So semoga selamat sampai tujuan, selamat mudik.

Ini dia Rute Tol Jakarta-Surabya Untuk Mudik Nanti | Destiara Cahaya | 4.5