Ini Lho Bunda, Manfaat Finger painting untuk Perkembangan Sang Buah Hati

By On Selasa, September 17th, 2019 Categories : parenting

Bagi bunda yang memiliki anak usia dini, mungkin seringkali merasa kesulitan apakah kiranya permainan yang cocok dengan si kecil. Karena tidak banyak permainan yang dapat dimainkan pada usia seperti ini, maka bunda bisa mencoba sebuah permainan bernama “Finger Painting”. Jika mendengar namanya, rasanya masih sangat asing ya bunda. Tetapi menurut beberapa praktisi anak, permainan Finger painting ini sangat bagus sekali dalam melatih sensor motorik dan imajinasi sang buah hati.

mengenal finger painting

Finger painting sendiri bisa diartikan sebagai kegiatan menggambar dengan menggunakan tangan sebagai kuasnya. Bunda dapat mengajak si kecil untuk terlibat langsung dan bermain – main dengan warna. Dengan finger painting ini, si kecil dapat belajar tentang nilai estetika, keragaman warna dan melatih otot tangannya agar tidak kaku. Selama proses finger painting, bunda jangan melihat hasilnya yang berantakan tetapi lebih kepada mencoba membangun ikatan antara kita dengan si kecil. Ketika terbiasa bermain dalam keragaman, membuat sensor motoriknya menjadi lebih halus dan berkembang dengan baik.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah pemilihan media warna finger painting. Karena usia yang masih kecil, ada kemungkinan ketika bermain sang buah hati tertarik untuk mencicipi dan mengoleskan warna ke dalam mulutnya, oleh karena itu bunda harus memilih bahan yang aman. Bunda bisa membuatnya dari bahan seperti tepung yang dicampur dengan pewarna makanan. Pilihlah tepung maizena lalu bunda masak pada teflon yang sudah dicampur dengan air, biarkan agak mengental, dinginkan kemudian masukan pada wadah dengan terlebih dahulu masukan pewarnanya masing – masing. Buatlah beberapa warna agar lebih menarik.

pentingnya finger painting

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan finger painting adalah tempat yang akan digunakan, pastikan cukup luas agar nanti warna dari bahannya tidak mengotori perabot rumah yang lain. Bunda juga harus merelakan baju yang dipakai jika warna belepotan mengenainya. Siapkan karton sebagai media gambar, jika si kecil masih canggung dan menganggapnya kotor, maka perkenalkan dengan pelan – pelan. Bunda bisa mulai memperkenalkan warna dan membentuk objek sederhana. Misal mengecap jarinya pada karton, membentuk huruf alphabet, hingga menggambar hewan sederhana.

Finger painting sangat direkomendasikan untuk dilakukan bersama si kecil pada usia dini. Bahan – bahanya murah dan mudah untuk didapat. Dengan aktiftas ini, diharapkan si kecil dapat mengembangkan kemampuan kognitifnya menjadi lebih baik lagi. Silakan dicoba ya bunda.

loading...
Ini Lho Bunda, Manfaat Finger painting untuk Perkembangan Sang Buah Hati | Destiara Cahaya | 4.5