Ingin Mencapai Financial Freedom? Inilah Pentingnya Perencanaan Keuangan Pribadi

By On Jumat, Maret 26th, 2021 Categories : Finance

Perencanaan Keuangan pribadi

Pernahkah kamu mengalami jika gaji yang diterima selalu habis entah kemana. Boro-boro bisa menabung, terkadang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja terasa sulit. Ini semua terjadi karena kita tidak memiliki perencanaan keuangan yang memadai. Untuk menghindari hal tersebut, Kita harus memahami bahwa mengelola dan merencanakan uang kita di setiap langkah kehidupan adalah sesuatu yang sangat penting.

Perencanaan keuangan pribadi dapat membatu kita mengelola pos-pos pengeluaran seperti pembayaran belenggu cicilan hutang serta tagihan secara tepat waktu. Selain itu juga membantu memastikan semua uang dikelola dengan seksama, memiliki rencana investasi untuk masa depan yang lebih baik serta memilih asuransi yang tepat sebagai perlindungan.

Apa itu Keuangan Pribadi?

Ketika kita berbicara tentang keuangan pribadi, istilah tersebut biasanya digunakan untuk merujuk pada pengelolaan keuangan individu. Ini dapat terdiri dari bagaimana cara Kita mengelola uang melalui pencatatan pengeluaran, investasi, serta tabungan, dengan mempertimbangkan berbagai kondisi dan risiko dalam kehidupan. Aspek lain dari keuangan pribadi termasuk juga perbankan, penganggaran kebutuhan rutin, perencanaan pensiun, asuransi, perencanaan aset, dan banyak lagi.

Keuangan pribadi berfokus terutama pada pemenuhan kebutuhan seseorang dan membantu untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang dan pendek. Memastikan apakah Kita memiliki cukup uang untuk membayar tagihan bulanan atau ketika ingin menabung untuk merencanakan masa pensiun, ini semua adalah fungsi dari keuangan pribadi.

Melek finansial membantu seseorang untuk membedakan antara keputusan finansial yang akan menguntungkan, dan yang akan merugikan masa depan finansial mereka. Memiliki rencana keuangan akan membantu Kita memenuhi kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang, tanpa dengan mempertimbangkan penghasilan bulanan. Semakin cepat seseorang mulai merencanakan keuangannya, maka akan semakin baik.

financial planning

Mengapa Keuangan Pribadi Penting?

Apa yang dilakukan setelah menghasilkan uang? Apakah kita menghabiskan? tetntu, seharusnya tidak demikian. Yang harus kita pahami adalah bahwa masalah uang selalu lebih rumit daripada yang Kita pikirkan. Kita harus memikirkannya dalam perspektif yang lebih luas. Kita memiliki rencana yang akan membantu untuk menetapkan berapa pendapatan kita, berapa pengeluaran kita, lalau rencana apa yang kita miliki, serta tujuan keuangan masa depan kita. Dengan cara ini, kita akan berpikir bukan hanya sekedar bekerja dan menghasilkan uang.

Ketika memiliki pengetahuan dan keterampilan keuangan pribadi yang tepat, itu akan memberi Kita keuntungan saat menghadapi tantangan, peluang, dan tanggung jawab keuangan yang akan selalu Kita temui dalam kehidupan ini.

Kelola Penghasilan dengan lebih Mudah

Jika Kita tidak merencanakan untuk mengelola pendapatan, Maka itu akan berakhir dengan pengeluaran berlebihan atau pengeluaran untuk barang-barang yang tidak perlu. Dengan perencanaan keuangan yang tepat, Kita akan dapat mengelola penghasilan secara efektif, membelanjakan apa yang diperlukan dan menabung atau menginvestasikan sisanya.

Mampu mengelola pendapatan akan membantu Kita untuk mengetahui pengeluaran mana yang harus diprioritaskan dan mana yang bisa ditangguhkan. Nah, semakin Kita merencanakan keuangan dengan baik, maka akan semakin banyak tabungan yang dimiliki. Kehidupan selalu memiliki momen upside down. Dan ketika terjebak dalam masa-masa sulit secara finansial maka Tabungan dapat membantu melindungi Kita. Menerapkan perencanaan keuangan pribadi adalah salah satu langkah untuk memiliki masa depan keuangan yang stabil.

Ingin Mencapai Financial Freedom? Inilah Pentingnya Perencanaan Keuangan Pribadi | Destiara Cahaya | 4.5