Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

By On Selasa, Juli 20th, 2021 Categories : kata-kata

Kita punya waktu 24 jam, tapi sepertinya masih terasa kurang ya? Seringkali kita memulai sebuah tugas tetapi sayangnya, meski mencoba untuk dikerjakan tapi malah stuck. Padahal banyak tugas lain yang harusnya diselesaikan juga. Kita juga seringkali sulit menentukan prioritas sehingga kebingungan sama tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Agar memiliki time management yang tepat, yang pertama kita harus mengembangkan keterampilan yang namanya Awareness. Efektifitas adalah sesuatu yang berbeda dengan efisiensi, efektifitas adalah melakukan sesuatu dengan baik tapi efisiensi adalah melakukan sesuatu dengan cepat, dan dua-duanya itu penting. Nah kalau kamu hanya mengejar efisiensi maka sering kali kita cepat tetapi harus ngulang. Efektif menghasilkan, tapi juga cepat, so gimana caranya?

manajemen waktu

Nomer 1 adalah kamu harus mengerti waktu on kamu. Waktu on itu artinya begini, waktu terbaik kamu pagi siang atau malam? Ada orang bilang saya ini orang pagi kalau malam itu teler, ada orang bilang saya kalau pagi ngantuk bawaannya kalau malam melek. Nah diwaktu on itu kamu maksimalkan productivity dan melakukan semua hal yang bisa kamu lakukan.

Trik yang ke 2, sama seperti uang, kamu harus punya budget waktu. Artinya kamu harus tahu mana waktu fix mana waktu variabel. Waktu fix artinya anggaran waktu yang harus kamu alokasikan dan sebisa mungkun fokus dan tidak boleh diganggu karena harus produktif. Nah diluar itu ada namanya waktu variabel, waktu variabel adalah waktu yang boleh diganggu.

Tips ke tiga adalah buat time and motion study ini bermanfaat untuk men-sistemasi sebuah kegiatan, setiap pekerjaan diberi waktu misalnya oke saya mau baca buku kasih timer, disaat lelah tutup. Lihat berapa lama, oh ternyata waktu saya baca itu topnya 7 menit ya sudah 7 menit adalah budget baca saya. Jika dipaksakan setelah 7 menit malah hilang fokus pikirannya. Dengan membentuk habbit yang baik maka kehidupan kita juga akan lebih tertata.

Hubungkan antara goal dengan aktifitas.

Semua aktifitasjangan sampai tidak ada kaitan dengan goal, untuk itu kamu perlu buat to do list. List yang bisa kamu desain yang merupakan goal kamu hari itu. Jika dikerjakan dengan btertata akhirnya time frame itu terlampaui. Hidup kita sangat berharga, dan waktu tidak akan pernah kembali. Untuk itu kita perlu menciptakan efisiensi, kerjakan segala sesuatu dengan cepat jangan dikit-dikit nunda. Dan kamu perlu sadar bahwa kesempatan yang hilang akan lebih besar lagi jika kita tidak menerapkan manajemen waktu yang baik.

Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif | Destiara Cahaya | 4.5