Aneka Wisata Anak dan Keluarga di Waduk Gajahmungkur Wonogiri

By On Rabu, Januari 25th, 2017 Categories : traveling

Salah satu bendungan terbesar di Indonesia adalah Waduk Gajahmungkur. Waduk yang terletak di Wonogiri, Jawa Tengah ini memiliki luas 8800 hektar. Sejak dibangun tahun 1978, waduk ini telah berfungsi sebagai sarana irigasi, tempat budidaya ikan, pembangkit listrik, mencegah banjir dan tempat wisata. Pengelolaan pariwisata yang ada sudah sangat baik, sehingga menjadi tempat yang sesuai untuk melakukan wisata keluarga bersama putra-putri tercinta. Bagi sebuah keluarga kecil, rental mobil di Solo dapat menjadi sarana transportasi menuju Waduk Gajah Mungkur.

tulisan-waduk-gajah-mungkur

Kegiatan Wisata di Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur memiliki pemandangan yang sangat indah. Apalagi saat matahari tenggelam, terlihat sunset yang mengambang di atas danau. Banyaknya wisatawan yang selalu datang ke tempat ini, membuat pengelola menyediakan berbagai fasilitas penunjang. Diantaranya adalah toko-toko cindramata, restoran dan rumah makan yang terapung untuk wisata kuliner. Dengan menggunakan sewa mobil di Solo, kita dapat menikmati berbagai kegiatan wisata yang sangat menarik. Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya adalah:

1. Kegiatan wisata anak
Selain melihat pemandangan, Waduk Gajahmungkur juga telah dilengkapi berbagai fasilitas untuk rekreasi anak. Disini bisa ditemui adanya taman satwa, tempat anak-anak mengenal hewan-hewan liar. Ada juga kolam renang dan arena bermain, yang bisa digunakan untuk bersenang-senang sepuasnya. Jika ingin berkeliling, disediakan kereta kelinci yang bisa dinaiki bersama-sama. Bagi anak-anak yang ingin menaiki gajah, dapat membeli tiket untuk naik gajah. Dengan berbagai fasilitas wisata yang disediakan, anak-anak pasti akan merasa senang berekreasi di waduk ini.

2. Kegiatan olahraga dan kesenangan lainnya
Waduk Gajah Mungkur juga menyediakan berbagai sarana untuk melakukan olahraga air maupun udara. Disini pengunjung dapat melakukan gantole atau terbang layang sambil menikmati pemandangan danau yang indah. Bagi yang ingin mencoba bermain jetski, bisa menyewa fasilitas yang disediakan untuk bermain sepuasnya. Tidak hanya itu, disini juga tersedia sepeda air yang sangat seru. Bagi yang ingin berkeliling waduk dan mengunjungi restoran terapung, dapat menaiki perahu atau kapal boat. Kita pun dapat memancing ikan di tempat ini.

3. Gebyar Gajah Mungkur
Kegiatan wisata yang diselenggarakan sekali dalam setahun di waduk ini adalah Gebyar Gajah Mungkur. Event pariwisata ini diselenggarakan setiap Idul Fitri, selama 2 minggu. Pada event tersebut ditampilkan pentas kesenian yang berupa orkes melayu, tari-tarian tradisional, campur sari dan lain sebagainya. Sebagai penutup, diadakan upacara ritual Sedekah Bumi dengan cara menyebarkan ketupat pada pengunjung-pengunjung yang hadir. Event ini mampu mendatangkan hingga 100.000 wisatawan.

4. Gelar Wisata Budaya
Pada bulan Sura, di Waduk Gajah Mungkur juga diselenggarakan Gelar Wisata Budaya. Event pariwisata ini menampilkan berbagai atraksi budaya tradisional khas Wonogiri. Atraksi tersebut berupa ruwatan masal yang diikuti oleh masyarakat dari Wonogiri sendiri dan daerah-daerah di sekitarnya. Dilakukan juga Jamasan Pusaka dari Mangkunegaran I. Berbagai tarian tradisional turut ditampilkan.

Waduk Gajah Mungkur yang menyajikan aneka kegiatan wisata, terletak di Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Dari Solo, jaraknya kurang lebih 39 km dan dapat ditempuh dengan berkendara selama 1,5 jam. Agar perjalanan tersebut lancar, sebaiknya gunakanlah rental mobil di Solo yang dipesan melalui docar.co.id. Disini kita dapat menemukan berbagai mobil sewaan yang disediakan oleh beberapa penyedia jasa rental/sewa mobil untuk wilayah Solo, Jogja , Surabaya dan Semarang. Penyewaan mobil melalui aplikasi ini, akan menampilkan harga yang paling murah yang bisa kita dapatkan.

Rental mobil Solo sesuai untuk keluarga kecil yang akan mengunjungi Waduk Gajahmungkur. Mobil ini dapat disewa dari beberapa penyedia jasa rental mobil melalui docar.co.id.

loading...
loading...
Aneka Wisata Anak dan Keluarga di Waduk Gajahmungkur Wonogiri | Destiara Cahaya | 4.5