5 Tips Cara Membuat Video Perjalanan Untuk Pemula

By On Senin, September 13th, 2021 Categories : traveling
persiapan traveling

persiapan traveling

Traveling itu seperti membuka jendela dunia pada diri kita. Oleh karena itu, semua orang selalu menantikan kemana mereka akan pergi pada liburan selanjutnya. Traveling akan terasa lebih menyenangkan ketika kembali dengan souvenir, hal ini bisa menjaga kenangan perjalanan tetap hidup. Apalagi jika Kita menyimpan kenangan ini selamanya dalam bentuk video perjalanan.

Untungnya, kita hidup di dunia yang telah memiliki teknologi yang maju di mana segala sesuatu menjadi mungkin untuk terjadi. Seseorang dapat membuat video perjalanan dengan cepat dengan editor video. Faktanya, ini memang akan terlihat lebih lucu, lebih hidup, menarik, dan jauh lebih berkesan daripada hanya sebuah foto. Tetapi ini tidak mudah, meskipun kita ingin mulai membuat video, banyak dari kita tidak yakin untuk melakukannya.

Kita mungkin memiliki lebih dari dua hard drive rekaman perjalanan yang telah lama terbengkalai. Banyak yang menganggap proses pengeditan video membosankan atau membingungkan (terutama bagi pemula). Ada banyak pertanyaan yang muncul di benak saat merekam, seperti bagaimana dan kapan harus memulai, jenis rekaman apa yang akan terlihat lebih baik, dll. Kita semua menjadi cemas sebelum memulai video perjalanan kita. Kenyataannya adalah bahwa itu jauh lebih mudah daripada yang terlihat. Tentu, Kita mungkin tidak dapat langsung membuat video perjalanan yang terlihat seperti pemenang penghargaan, tetapi Kita akan dapat membuat awal yang baik.

Jadi, inilah panduan 5 cara terbaik yang telah dicoba dan diuji untuk membuat video perjalanan yang menakjubkan dan memesona seperti seorang profesional.

5 Tip Membuat Video Perjalanan Untuk Pemula

Cara Membuat Video Perjalanan Untuk Pemula

Apakah Kita siap untuk merekam video perjalanan seperti seorang profesional? Yuk, Baca terus!

  • Mulai menonton video perjalanan – Hal pertama dan yang paling utama. Untuk memulai membuat video perjalanan, mulailah dengan menonton beberapa vlog perjalanan yang menampilkan tokoh perjalanan favorit di platform media sosial. Belajar adalah proses seumur hidup, dan ada banyak vlogger profesional yang menonton video perjalanan untuk mendapatkan ide dan mempelajari sudut pandang baru untuk merekam vlog mereka. Menonton video akan membantu Kita mendapatkan ide tentang apa yang diperlukan untuk membuat video yang bagus. Perhatikan pencahayaan, sudut kamera, ambience, dan detail lainnya yang membuat video terlihat menarik. Teknik pembelajaran ini sangat efektif karena berorientasi pada hasil. Setelah menonton beberapa video, saatnya memikirkan tujuan dan mempersiapkan diri dengan lokasi yang tepat.
  • Miliki tujuan dan ketahui lokasi – Langkah selanjutnya adalah memutuskan di mana kita ingin mengambil gambar. Apa tujuan pengambilan video? Apakah akan menampilkan cuplikan dari tempat yang berbeda? Apakah itu dimaksudkan untuk menjadi tujuan? video sorotan? Atau apakah itu hanya akan menampilkan makanan? Tujuan kita harus jelas dan lugas. Ketika kita memiliki tujuan yang ditetapkan sejak awal, itu akan menyederhanakan prosesnya. Sebagian besar vlogger baru mengabaikan aspek ini dan kemudian merasa sulit untuk merekam video di tempat pertama. Cobalah untuk memeriksa lokasi sebelum mengambil gambar untuk memutuskan jenis shoot yang kita butuhkan,.
  • Kemasi peralatan Kamera – Apakah membuat video untuk channel YouTube atau hanya untuk disimpan sebagai kenangan, memastikan kualitas video adalah suatu keharusan. Untuk video berkualitas baik, Kita memerlukan kamera dan lensa yang proper yang biasanya memiliki dimensi tinggi, headphone, stabilizer gimbal, mikrofon, dan baterai ekstra untuk keadaan darurat. Akan sangat baik untuk menyimpan semua barang ini untuk menghindari terburu-buru di menit-menit terakhir. Bagaimanapun, hasil akhir adalah yang terpenting. Jika kualitas video buruk, maka usaha Kita akan sia-sia. Jadi pastikan kita memiliki semua peralatan yang dikemas dengan baik sebelum merekam video perjalanan. Parameter ini mungkin tampak sepele tetapi memiliki dampak besar pada hasil akhir secara keseluruhan.
  • Ceritakan kisah yang dan rekam sesuai dengan itu – Bercerita adalah inti dari sebuah video. Sebelum merencanakan shooting, putuskan cerita apa yang ingin kita sampaikan melalui video. Tentukan urutan pengambilan gambar, skrip, perekaman video, dan elemen lainnya untuk membuat video lebih hidup dan menakjubkan. Ini adalah suatu keharusan, atau kita berisiko menghasilkan video yang tidak runtut. Yang terbaik adalah menuliskan pemikiran kita, atau membuat storyboard. Letakkan tema utama, apa yang ingin kita tampilkan dan bagaimana alurnya. Ini akan membuat proses pengambilan gambar video menjadi sangat mudah.
  • Edit dan tambahkan beberapa musik – Jadi setelah pengambilan gambar selesai, dan rekaman disimpan, kini saatnya untuk mengeditnya. Kita sebaiknya melakukan pengeditan di editor video yang membuat perjalanan pengeditan video lancar dan hasilnya luarbiasa. Saat mengedit, selalu pastikan untuk menambahkan beberapa musik. Tentu saja, musik yang kita pilih harus sesuai dengan tema video. Ini adalah cara yang bagus untuk mengumpulkan lebih banyak viewers dalam waktu singkat. Periksa video yang kita edit sekali lagi sehingga kesalahan yang terlewat bisa dapat segera diperbaiki.

Kesimpulan 

Percaya atau tidak, video berkembang dengan pesat dibandingkan dengan sebelumnya, dan ini tidak ada tanda-tanda akan melambat. Sesuai Laporan Internet Tahunan Cisco (2018–2023), video online mencakup lebih dari 80 persen dari semua lalu lintas internet pada tahun 2023. Dari sudut pandang penonton,  video itu menyenangkan untuk ditonton, dan memiliki cara yang lebih cepat untuk menyampaikan pesan.

Pada akhirnya, kita semua senang berbagi video perjalanan dengan teman dan keluarga untuk merayakan momen terbaik bersama mereka. Pengalaman perjalanan mendebarkan dan penuh petualangan, lalu saat-saat yang paling berkesan terekam video membuat perjalanan ini menjadi terasa lebih menyenangkan.

Jadi, sekarang kita tahu cara membuat video perjalanan yang terlihat profesional untuk vlog berikutnya. Ingat dua faktor utama yang harus dipertimbangkan: video harus menceritakan sebuah kisah dan berkualitas tinggi. Penonton harus dengan mudah tertarik ke dalam video pada pandangan pertama. Bercerita adalah inti dari setiap video perjalanan, jadi investasikan waktu untuk menangkap visual yang bagus. Kedua, kita perlu menggunakan alat pengeditan video yang bagus karena semakin baik pengeditannya, semakin besar daya tariknya. Selalu ingat bahwa pengeditan dan rekaman adalah salah satu faktor yang akan menentukan jumlah viewers. Jadi, tentukan destinasi, atur, dan shoot!

5 Tips Cara Membuat Video Perjalanan Untuk Pemula | Destiara Cahaya | 4.5