Manfaat Musik bagi Perkembangan Kecerdasan Anak

By On Kamis, September 14th, 2017 Categories : info kesehatan

was-was.com – Sebagai orang tua, siapapun pasti menginginkan sang buah hati tumbuh dengan sehat dan ceria. Memastikan anak-anak tercinta mendapatkan kebutuhan dan kasih sayang terbaik adalah kewajiban yang terus melekat pada setiap ayah dan bunda. Untuk itu, sudah seharusnya para orang tua menambah wawasan dalam mendidik anak dengan banyak membaca referensi yang pada saat ini mudah didapatkan melalui internet. Namun tetap harus berhati-hati dengan memperhatikan sumber artikel dari yang terpercaya, untuk mengurangi misinformasi yang terkadang menyesatkan.

belajar musik anak

Beberapa diantara yang banyak dibahas adalah tips tentang cara mendidik anak yang baik yakni salah satunya melalui musik. Stimulasi musik untuk anak mengajarkan sebuah harmoni dan mampu menstimulasi perkembangan otak mereka menjadi lebih kreatif. Banyak dipercayai bahwa “Musik Klasik” dapat merangsang tubuh dan pikiran menjadi rileks karena hormon serotonin dan endorfin diproduksi lebih banyak hingga hal inilah yang mendukung otak dapat berkonsentrasi dengan optimal dalam membangun jaringan-jaringan sipnasis dengan lebih baik.

Dimulai Sejak dalam Kandungan
Stimulasi musik untuk anak bahkan bisa dimulai pada saat bayi masih dalam kandungan usia 26 minggu atau trimester ke-3 dimana janin sudah bisa mendengar dengan bantuan cairan ketuban. Bagi sang bunda hamil, terapi musik klasik dapat dilakukan sembari duduk santai ataupun berbaring pada pagi dan malam hari. Cukupkan waktu sekitar 30 menit setiap hari dan bisa diatur jarak speaker sekitar 50 cm dari perut atau bisa juga menggunakan headphone yang ditempelkan pada perut.

Manfaat Musik Untuk Anak
Nada yang indah dan harmoni yang didengar oleh anak dari musik dapat memberikan stimulasi dalam tumbuh kembang anak, bukan hanya soal kepintaran, tetapi juga kemampuan sosial dan emosi, hingga kemampuan motorik kasar anak, bahkan musik mampu menambah wawasan anak dalam hal bahasa dan literasinya. Musik akan membuat anak mampu menyelaraskan gerak tubuh dan kerja otak. Masa anak-anak adalah masa emas untuk membentuk karakter dan perkembangan kecerdasanya, sebaiknya orangtua memanfaatkannya momen ini dengan sangat baik, yakni dengan memberikan stimulasi sebanyak-banyaknya sejak dini. Stimulasi yang diberikan pada masa ini, sangat efektif untuk mengoptimalkan kecerdasan balita.

Kecerdasan seseorang diyakini sekitar 60-80% diturunkan secara genetik dari orang tua, tetapi sejauh ini para peneliti sepakat mengatakan bahwa terapi musik merupakan stimulasi yang baik untuk melatih otak agar bekerja lebih maksimal terutama otak kanan yang memiliki peranan besar terhadap imajinasi, kreativitas, serta intuisi. Dengan demikian tiidak ada salahnya memperkenalkan musik sejak dini pada Sang Buah Hati, dengan musik bisa membuat anak menjadi lebih tenang, lebih bersuka cita. Anak akan memperoleh banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya.

loading...
Manfaat Musik bagi Perkembangan Kecerdasan Anak | Destiara Cahaya | 4.5