Yuk Kenali Penyebab Jerawat dan Cara Mencegahnya

By On Rabu, Juli 20th, 2022 Categories : info kesehatan
penyebab jerawat

unsplash

Bagi para remaja yang mulai pubertas biasanya juga mengalami munculnya jerawat. Ini seringkali membuat dirinya merasa kurang percaya diri dan cukup kaget karena tidak pernah mengalami hal ini sebelumnya. Kenapa jerawat terjadi? Ini karena pada masa remaja ada lebih banyak hormon androgen yang dihasilkan. Ini adalah hormon yang bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit yang pada akhirnya membuat pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. Walaupun begitu, jerawat pada dasarnya juga bisa muncul pada orang dewasa.

Penyebab Jerawat yang lainnya adalah faktor genetik atau keturunan. Jika ayah atau ibu mengalaminya maka kemungkinan besar kita juga akan mengalami tumbuhnya jerawat. Karena kondisi kulit biasanya diturunkan dari genetik, jika kulit orang tua jenis berminyak maka lebih besar kemungkinannya bagi kita untuk berjerawat.

Selain itu ada kemungkinan juga dari makanan yang dikonsumsi. Seperti mitos makan kacang bisa menyebabkan jerawat, sebetulnya masalahnya adalah terletak pada makanan yang mengandung lemak dan glikemik tinggi. Kacang justru tidak mengandung lemak dan juga tidak mengandung gula yang tinggi. Menurut penelitian, Susu sapi malah terbukti dapat memicu timbunya jerawat.

Hal Terpenting untuk mencegah jerawat

Jerawat bisa membuat kita minder dan merasa tidak percaya diri dalam bergaul. Karena kebanyakan muncul di wajah, maka jerawat ini seringkali bisa langsung terlihat oleh lawan bicara. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak beberapa tips ini.

Cuci Muka Teratur

Minyak berlebih pada wajah ditambah dengan sel kulit mati dan bakteri jika dibiarkan akan menyumbat pori yang pada akhirnya menimbulkan jerawat. Nah untuk itu, cara mencegah jerawat yang paling efektif adalah dengan menjaga kebersihan diri. Biasakan untuk membasuh muka dengan teratur agar minyak dan kotoran dapat dibersihkan. Gunakan pembersih muka yang tidak membuat wajah kering, tetapi gunakanlah yang memiliki kemampuan sebagai pelembab.

Mandi Teratur

Segera mandi setelah melakukan aktiftas yang membuat tubuh kita panas dan berkeringat. Namun jangan mandi terlalu lama, karena jika terlalu lama justru akan memicu timbulnya jerawat di punggung. Ia, jerawat tidak hanya muncul di wajah tetapi bisa juga di leher, dan juga punggung bagian atas. Dan jerawat di punggung ini sama tidak nyamannya dengan jerawat dimanapun. Walau mungkin tidak terlihat secara langsung, tetapi akan di punggung bisa tergesek baju yang mana akan terasa sakit.

Ganti Baju teratur

Mencuci pakaian setelah dipakai adalah cara yang paling baik untuk menjaga bakteri dan kotoran agar tidak menempel di badan saat dipakai kembali. Karena keberishan kulit adalah kunci dari mencegah datangnya jerawat. Selain itu hindari memakai pakaian ketat yang membuat kulit tidak bisa mendapatkan sirkulasi udara dengan baik. Mengenakan pakaian katun yang menyerap keringat di hari yang panas adalah ide yang bagus.

Hindari membawa ransel atau tas yang berat

Pertimbangkan jika harus membawa barang barang berat dengan tas, karena ini dapat memperburuk jerawat punggung. Gesekan dan kelembapan berlebih, seperti keringat, dapat menyebabkan timbulnya jerawat yang disebut acne mechanicala. Gesekan tersebut dapat mengiritasi kulit dan mengganggu permukaannya, yang kemudian dapat menyumbat pori-pori dengan sel kulit mati dan menyebabkan peradangan.

Konsultasi dengan Dokter

Kondisi orang masing-masing sangat berbeda, ada yang berjerawat ringan ada juga yang bisa sangat parah hingga mengalami tekanan emosional. Jika jerawat sudah dalam tahap yang demikian, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Ini agar penanganannya aman karena disesuaikan dengan kondisi kulit yang kita miliki. Jangan tergoda untuk mencoba pengobatan yang tidak jelas karena bisa menyebabkan efek samping kesehatan yang serius.

Yuk Kenali Penyebab Jerawat dan Cara Mencegahnya | Destiara Cahaya | 4.5