Tips Liburan On Budget Tak Bikin Kantong Kempes Namun Tetap Menyenangkan

By On Senin, Februari 12th, 2018 Categories : traveling

Liburan dentik dengan biaya mahal dan keramaian. Banyak dari kita yang gagal merencanakan berlibur hanya karena terhalang oleh budget. Apalagi berlibur dengan anggota keluarga lengkap, tentu kian menambah biaya perjalanan. Ujung-ujungnya bisa ditebak, liburan gagal, anggota keluarga merasa kecewa. Bagi para orangtua mungkin menghabiskan waktu berlibur dapat dilakukan di rumah saja, tetapi bagaimana dengan anak-anak? Mereka tentu sudah punya bayangan sendiri ingin berlibur di pulau atau kota mana.

Untuk membantu Anda mewujudkan liburan keluarga tanpa terkendala biaya mahal, dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menekan budget liburan:

liburan

  • Lakukan riset sebelum berlibur

Penting sekali untuk para orangtua melakukan riset sebelum memutuskan berlibur dengan anggota keluarga lengkap. Hal ini dapat dimulai dengan browsing di internet atau bertanya pada kenalan yang telah berpengalaman. Pastikan pula tujuan liburan Anda sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan terlalu memaksakan ingin berlibur keluar negeri, jika budget Anda hanya cukup untuk berlibur di dalam negeri. Riset inipun akan membantu Anda melakukan perhitungan secara detail, mulai dari transportasi, biaya makan, sampai penginapan.

  • Pilih hari kerja

Sulit memang mendapatkan izin diluar masa liburan, terutama untuk para pekerja dan anak sekolah. Tetapi cara ini memang paling efektif menekan budget liburan Anda hingga ½ dari biaya seharusnya. Pasalnya tiket penerbangan di hari biasa jauh lebih murah daripada di masa liburan. Belum lagi pilihan penginapan yang jauh lebih beragam dengan harga yang sangat murah. Pertimbangkanlah hal tersebut bila Anda tetap ingin berlibur dengan anggota keluarga lengkap dan tetap murah.

  • Alternatif penginapan

Bukan rahasia lagi kalau penginapan di beberapa daerah terbilang mahal. Agar Anda tak terlalu terkejut nantinya, cobalah untuk mencari alternatif penginapan. Misalnya saja memilih rate kamar standar, tak harus di hotel berbintang 5 sekalipun. Jika memungkinkan, tak ada salahnya menginap di rumah salah satu kenalan atau kerabat. Dengan cara ini saja Anda sudah memangkas pengeluaran yang cukup besar untuk penginapan saja. Bukan tidak mungkin Anda bisa mengalokasikan biaya penginapan untuk berbelanja atau lain sebagainya.

  • Tahan keinginan berbelanja

Berlibur tanpa berbelanja bagaikan sayur tanpa garam memang, namun ini wajib dipatuhi oleh pelancong on budget. Supaya kantong Anda tidak kempes setelah liburan bersama keluarga, tahan untuk tidak berbelanja. Terlebih membeli beberapa souvenir dari tempat-tempat wisata khusus, sebab harganya bisa berkali-kali lipat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membeli souvenir yang sama dari tempat lain atau diluar tempat tersebut. Begitu pula dengan pilihan makanan, Anda bisa memilih spot makanan kaki lima daripada restoran. Beri pengertian pada seluruh anggota keluarga agar tak membuat mereka kecewa sepanjang hari.

loading...
Tips Liburan On Budget Tak Bikin Kantong Kempes Namun Tetap Menyenangkan | Destiara Cahaya | 4.5