Ini Dia Objek Wisata Paling Hits di Brebes

By On Senin, Agustus 6th, 2018 Categories : traveling

Tempat Wisata di Brebes – Sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini rupanya punya segudang objek wisata menarik dan sayang untuk dilewatkan lho. Tidak hanya sebagai lintasan jalur utama Pantura, Brebes juga layak untuk disinggahi dan dieksplorasi karena memiliki pesona yang tidak kalah indahnya dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Brebes mempunyai wisata yang lengkap, dari mulai pantai dengan pasir putih yang indah, berlanjut ke daerah pegunungan dengan hawa dingin yang menentramkan.

kota brebes

So, jika kebetulan melewati Kabupaten Brebes, singgahlah admin buatkan daftar destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi.

  1. Pantai Randusanga

Tempat wisata ini terletak di Desa Randu Sanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Pantai ini relatif mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar 7 KM ke arah utara dari jalan raya Pantura kota Brebes. Disepanjang perjalanan kita akan disuguhi dengan pemandangan kebun bawang merah, dan semakin dekat ke daerah pantai pemandangan berubah menjadi tambak-tambak ikan di kiri kanan jalan.

Pantai-Randusanga-Indah

Pantai Randusanga Indah (PARIN) dilengkapi dengan fasilitas mainan anak (waterboom), mandi laut, penggung gembira, arena balap ATV, camping ground, cafe, serta perahu wisata. Untuk pengunjung yang merasa lapar tersedia juga rumah makan khas ikan laut bakar serta kios-kios yang menjual oleh-oleh khas Brebes seperti telur asin dan bawang merah.

2. Taman Manggrove Pandansari.

manggrove kaliwlingi

Pandansari merupakan di daerah pesisir utara Desa Kaliwlingi Kecamatan Brebes, sekitar 10 km jaraknya dari Kota Brebes. Tidak disangka bahwa objek wisata ini ternyata berawal dari sebuah abrasi laut yang masif sejak tahun 1986. Untuk mengatasi hal tersebut, kemudian pada tahun 2008, warga menanam kembali mangrove sebanyak kurang lebih 15 ribu pohon. Seiring berjalannya waktu, kini menjelma menjadi Ekowisata Mangrove yang layak untuk dikunjungi.

3. Agrowisata Kaligua.

Tidak hanya wisata pantai, Brebes juga mempunyai objek wisata pegunungan yang sangat indah. Wisata agro Kaligua ini terletak sekitar 10 kilometer dari arah kota Kecamatan Paguyangan atau sekitar 15 kilometer dari Bumiayu. Perkebunan teh Kaligua memiliki sejarah panjang, yang bermula dari zaman pemerintah kolonial Belanda. Pabrik ini diketahui mulai beroperasi pada tahun 1889 dan dimiliki oleh warga Belanda bernama Van De Jong. Suhu disini sangat sejuk, bahkan di puncak kemarau dikatakan dapat mencapai titik beku hingga memunculkan es di permukaan tanah.

Wisata-Kebun-Teh-Kaligua-Brebes

Kawasan wisata agro Kaligua mempunyai beberapa objek untuk wisata. Di samping kebun teh, terdapat beberapa situs wisata menarik yang berada di seputaran Kaligua. Misalnya Gua Jepang, Tuk Benih, Gua Angin, serta makam pendiri kebun Van De Jong. Terdapat pula vila milik perkebunan yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bermalam. Beberapa fasilitas lainnya yang tersedia disini adalah gedung pertemuan, area outbond, area perkemahan, lapangan olahraga, kafe, pusat layanan kesehatan, sarana ibadah, dan lain-lain.

4. Ranto Canyon.

Jika menginginkan wsiata yang memacu adrenalin, kita bisa mengunjungi Ranto Canyon. Disini kita bisa rafting menyusuri aliran sungai Winduasri sepanjang 769 meter dengan pemandangan yang epik. Sepanjang sungai kita akan menikmati paparan tebing-tebing besar yang mengapit di kedua sisi sungai dengan beraneka ragam formasi bebatuan yang akan memanjakan mata.

ranto canyon

Namun sayangnya, untuk mencapai Ranto Canyon kita harus menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau sepeda motor. Waktu tempuh dari pusat Kota Brebes bisa mencapai tiga jam. Setelah itu, kita harus berjalan melalui jalan setapak yang turun terjal sejauh 200 meter lebih. Untuk harga tiket masuk masih gratis atau hanya membayar uang parkir saja, tapi bagi kamu yang ingin menyusuri sungai bisa membayar Rp. 30.000/orang lengkap dengan pemandu.

5. Panenjoan Salem

Menikmati kota brebes dari ketinggian, dan kemudian foto-foto untuk update socialmedia ?, sepertinya kamu harus mengunjungi Bukit Panenjoan Slaem. Objek wisata Bukit Panenjoan Salem terletak tak jauh dari Jalan Raya Windusakti – Capar. Tepatnya, di Dusun Babakan, Desa Wanoja, Kecamatan Salem, Brebes, Jawa Tengah. Jika dari pusat kota Brebes, Perjalanan menuju bukit Panenjoan Salem membutuhkan jarak tempuh sekitar 70 KM atau sekitar 3 jam perjalanan.

bukit-panenjoan-brebes

Bukit Panenjoan Salem memiliki sejumlah fasilitas, beberapa di antaranya; kursi duduk untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam, warung makan, dan gardu pandang. Objek yang paling disukai wisatawan adalah Gardu Pandang, bahkan untuk dapat mencapainya kita harus rela antri. Dari Gardu Pandang kita bisa mendapatkan foto yang bagus karena gardu pandang ini sangat unik, serta memandang luas sepanjang mata.

Bukit Panenjoan Salem juga merupakan tempat strategis untuk melihat sunrise yang sangat indah, untuk menikmatinya kita harus standby kira-kira pukul 5 pagi. Selain itu, kita juga bisa menikmati pemandangan terasering pesawahan di ujung pandangan.

Nah itulah beberapa tujuan wisata paling populer di kota brebes yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan pemandangan yang alami dan kontur daerah yang eksotik kita tidak akan merasa rugi untuk menikmatinya.

loading...
Ini Dia Objek Wisata Paling Hits di Brebes | Destiara Cahaya | 4.5