Benarkah Pola Makan Ada Kaitannya Dengan Ibu Menyusui?

By On Senin, Mei 27th, 2019 Categories : info kesehatan

Setiap dokter atau bidan, selalu memberikan saran penting yang harus dilakukan untuk setiap ibu hamil dan menyusui. Bunda juga mungkin pernah diberikan saran untuk menjaga pola makan sehat agar menghasilkan ASI berkualitas. Hal tersebut ditujukan untuk kepentingan pada kesehatan bayi agar dapat tumbuh dengan sehat dan normal. Bunda bisa cek juga tips menjaga pola makan untuk ibu menyusui di situs ini https://www.guesehat.com/petunjuk-pola-makan-untuk-ibu-menyusui.

Apakah benar, pola makan ada hubungannya dengan ibu menyusui? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Mungkin juga Persediaan ASI Tidak Pengaruh oleh Pola Makan
Tidak semua makanan bisa mempengaruhi pada persediaan ASI. Yang menjadi penentu pada persediaan ASI yang cukup untuk bayi, yaitu seberapa sering payudara Bunda dikosongkan. Dengan demikian, semakin sering payudara dikosongkan, maka persediaan ASI semakin banyak dihasilkan.

ibu menyusui

Ada pula beberapa jenis makanan tertentu yang mempengaruhi persediaan ASI pada masa menyusui, salah satunya yaitu mint, jahe, peppermint, dan sebagainya. Meskipun hal ini belum ada penelitian khusus, tetapi kebenarannya bisa dipercaya.

Kemudian, minuman yang Bunda konsumsi tidak serta merta mempengaruhi persediaan ASI. Apalagi jenis minuman beralkohol, bahkan dapat memberikan efek negatif pada persediaan ASI dan refleks pengeluaran ASI.

Ibu Menyusui Lebih Banyak Membutuhkan Kalori
Pada dasarnya memang benar bahwa ibu menyusui lebih banyak membutuhkan asupan kalori. Tidak heran, jika setiap ibu yang menyusui sering merasa lapar. Oleh karena itu, untuk menjaga asupan kalori, diperlukan pola makan yang sehat dengan makanan yang mengandung kalori cukup.

Kemudian, makanlah sesuai jadwal biasa dan tidak perlu menunggu lapar. Hal tersebut bertujuan agar ibu menyusui tidak kelelahan dan persediaan ASI akan tetap cukup setiap harinya.

Komposisi pada ASI Tidak Terpengaruh Pola Makan
Ada beberapa komposisi yang terkandung pada ASI, seperti lemak, Protein, dan laktosa. Di antara komposisi tersebut tidak ada pengaruhnya dari pola makan. Melainkan, energi dalam ASI ditentukan oleh konsentrasi makronutrisi, bukan oleh pola makan.

Konsumsi Ikan Bagus untuk Perkembangan Otak Bayi
Bagi ibu menyusui, penting untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Karena kandungan tersebut amat baik untuk perkembangan otak bayi. Konsumsi ikan lebih rutin saat menyusui adalah cara tepat untuk mendukung perkembangan otak bayi, karena di dalam ikan tersebut terkandung lemak omega 3 yang cukup banyak.

Penjelasan ini harus Bunda jadikan sebagai program persiapan kehamilan dan persalinan hingga nantinya menyusui dengan persediaan ASI berkualitas yang optimal.

loading...
Benarkah Pola Makan Ada Kaitannya Dengan Ibu Menyusui? | Destiara Cahaya | 4.5