Cara Membuat Susu Almond Sendiri di Rumah, Sangat Mudah

By On Senin, Mei 13th, 2019 Categories : info kesehatan

Akhir-akhir ini, nama susu Almond memang kerap disebut-sebut dalam dunia kesehatan. Terlebih, rasanya yang lezat dan rendah kalori dibandingkan dengan susu hewani. Jika membeli susu Almond di pasaran, kemungkinan mahal harganya dan juga mengandung perasa serta pemanis. Susu Almond yang dijual di pasaran, biasanya juga diberi tambahan vitamin. Dan Anda tidak hanya bisa mendapatkannya di toko saja, namun bisa memesan lewat toko online juga.

Sebenarnya, susu almond bisa kita buat sendiri lho di rumah. Susu almond bisa dikenali dari adanya tekstur seperti krim nan lembut serta rasa kacang yang khas. Adanya kandungan kalori dari susu Almond yang murni lebih rendah jika dibandingkan dengan susu jenis lain.

almond

Harga susu Almond di pasaran terbilang mahal karena telah mengalami penambahan vitamin D agar lebih lengkap kandungan nutrisinya. Susus Almond telah tersedia dalam beberapa varian rasa, mulai dari original, coklat maupun vanila. Bahkan, ada juga susu Almond yang dijual tanpa perasa tambahan maupun pemanis. Selain mengonsumsi secara langsung, Almond bisa dijadikan campuran kopi, smoothie, campuran buah maupun teh.

Bahan Membuat Susu Almond:
Anda bisa membuat susu Almond ini sendiri di Rumah, dengan menyiapkan bahan-bahan seperti berikut

  1. Kacang Almond mentah
  2. Air
  3. Perasan vanila jika ingin menambah rasa.

membuat susu almond

Cara Membuat Susu Almond:

  1. Untuk membuat susu Almond, lebih dulu Anda harus merendam kacang Almond selama 12 jam. Setelah kacangnya empuk, silakan keringkan. Kemudian, letakkan kacang, air dan juga perasa vanila dan mulai campurkan semua bahan hingga tercampur sempurna.
  2. Jika hasilnya terlalu encer, maka kurangi takaran air. Anda bisa mengganti perasa vanila dengan perasa lain sesuai selera. Tambahan madu dan gula juga sesuai keinginan Anda. Setelah blender di off-kan, pakai saringan untuk mencegah sisa kacang masuk ke susu.
  3. Sisa kacang tadi, jangan dibuang, sebab bisa digunakan sebagai campuran makanan bila sudah kering. Susu Almond yang sudah jadi ini bisa dikonsumsi atau disimpan di kulkas sampai 7 hari.

Jika Anda ingin lebih hemat, maka tidak perlu membelinya dari toko. Karena kabar baiknya, susu Almond ini sangat mudah dibuat. Susu yang bebas dari lemak jenuh ini, merupakan sumber dari vitamin A, meski kandungan vitamin D-nya sedikit. Susu ini menjadi alternatif tepat bagi Anda yang alergi terhadap susu sapi. Jenis susu ini juga cocok dikonsumsi oleh orang dengan intoleransi laktosa karena susu ini bebas laktosa. Bagi vegetarian, susu ini bisa memenuhi kebutuhan susu harian. Meski begitu, jenis susu ini tidak dapat digunakan sebagai pengganti Asi dan susu pertumbuhan.

Cara Membuat Susu Almond Sendiri di Rumah, Sangat Mudah | Destiara Cahaya | 4.5