Cara Mengobati Asam Urat Secara Tradisional

By On Rabu, Mei 15th, 2019 Categories : info kesehatan

Cara mengobati asam urat secara tradisional harus diketahui sebagai alternatif pengobatan sebelum ke dokter. Penyakit asam urat biasanya disebabkan oleh konsumsi zat purin yang dilakukan secara berlebihan. Makanan yang mengandung banyak zat purin diantaranya adalah ampela, hati, usus, paru, kepiting, daging merah, atau cumi.

Purin di dalam DNA dapat dimetabolisme menjadi asam urat yang jika menumpuk terlalu banyak dalam sendi akan menimbulkan peradangan dan rasa sakit. Ada beberapa cara mengobati penyakit asam urat secara tradisional yang cukup membantu. Simak caranya berikut ini.

Delapan Cara Mengobat Asam Urat Menggunakan Bahan Tradisional

asam urat

1.Teh Jelatang
Jelatang merupakan salah satu tumbuhan obat tradisional yang dapat membantu mengobati asam urat yang Anda rasakan. Anda harus berhati-hati ketika mencari tumbuhan ini karena jika disentuh secara langsung akan menyebabkan gatal-gatal pada kulit.
Cara mengobati asam urat menggunakan teh jelatang sangat mudah. Rebus teh jelatang yang sudah kering dengan perbandingan 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering setiap cangkirnya. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan minum teh ini 3 gelas dalam satu hari.

2.Garam Espsom
Garam jenis ini berasal dari Espsom Inggris sehingga dinamakan dengan garam Espsom. Terapi menggunakan garam yang dihasilkan saat musim panas dengan mencampurkan tanah liat yang tidak berpori dengan kapur berpori ini dapat membantu Anda mengobati asam urat.
Magnesium sulfat dapat masuk dengan cepat ke dalam sendi sehingga mampu meredakan rasa sakit dan peradangan yang diakibatkan asam urat. Garam ini juga dapat melembutkan kulit dan meredakan kulit gatal jika digunakan untuk berendam.

Terapi asam urat oleh kebanyakan orang adalah dengan menggunakan garam Espsom untuk mandi atau berendam. Campurkan garam ini sebanyak 1 hingga 2 cangkir ke dalam bak mandi, kemudian rendam seluruh tubuh di dalam bak atau bagian tubuh yang terasa sakit saja.

3.Jahe
Jahe memiliki sifat anti inflamasi sehingga banyak yang memanfaatkannya sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan asam urat. Selain itu, tanaman satu ini juga bersifat analgesik. Ada beberapa cara mengobati asam urat dengan jahe yang bisa diterapkan.

Cara yang pertama adalah dengan mengkonsumsi jahe yang direndam dalam air panas selama kurang lebih 10 menit. Anda juga bisa menggunakan jahe bubuk kurang lebih 2 sendok. Minum jahe tersebut sekitar 3 gelas per hari agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara yang kedua adalah dengan menempelkan jahe yang sudah digeprek pada bagian tubuh yang mengalami sakit. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kain waslap yang sudah direndam dengan air jahe hangat ke bagian tubuh yang mengalami sakit. Lakukan setiap hari selama 15 menit hingga 30 menit, jika terjadi iritasi kulit lakukan tes.

4.Kunyit
Obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat selanjutnya adalah kunyit. Tanaman satu ini bersifat anti inflamasi, anti oksidan, dan kaya akan kandungan kalium yang baik untuk tubuh.

kunyit

Dengan berbagai kandungan tersebut menjadikan kunyit salah satu obat yang mampu mengobati asam urat secara alami. Caranya yaitu dengan mencampurkan minyak zaitun dengan satu sendok makan kunyit bubuk. Kemudian oleskan pada bagian yang sakit dan tutup dengan perban agar cepat meresap.

5.Seledri
Seledri memiliki kandungan apiin, glikosida, flavonoid, apiol, fosfor, zat besi, kalsium, dan vitamin. Kandungan glikosida dalam seledri mampu mengobati rasa sakit dan peradangan akibat asam urat. Selain itu, kalsium di dalam tanaman ini juga dapat membantu menguatkan tulang.

Cara mengobati asam urat dengan seledri bisa menggunakan beberapa cara. Anda bisa mengkonsumsi secara langsung tanpa diolah atau bisa juga meminum air rebusan seledri. Caranya rebus seikat daun seledri ke dalam 3 gelas air, tunggu hingga air menyusut menjadi 1 gelas saja. Kemudian konsumsi air rebusan seledri secara rutin.

6.Daun Sirsak
Daun Sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika diolah dengan cara yang benar. Salah satu penyakit yang bisa diobati dengan ekstrak daun sirsak adalah asam urat. Ekstrak daun sirsak mampu menghilangkan bakteri dari saluran kemih dan mengusir asam urat dari darah. Sehingga peradangan yang terjadi akibat asam urat bisa sembuh. Cara mengobati asam urat dengan daun sirsak yaitu dengan mengolah daun sirsak menjadi minuman yang harus Anda konsumsi dengan teratur.

Caranya yaitu ambil 10 daun sirsak kemudian rebus dengan 3 gelas air penuh. Jika air tinggal 1/3 bagian Anda sudah bisa mengangkatnya dan kemudian dinginkan terlebih dahulu sebelum diminum.

7.Daun Sambiloto
Daun Sambiloto mungkin cukup asing di telinga kita, daun ini ternyata mampu menurunkan asam urat dan berfungsi sebagai obat anti radang. Sehingga bagus digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi asam urat yang Anda derita.

manfaat-daun-sambiloto

Caranya yaitu dengan giling satu genggam daun sambiloto hingga setengah halus. Kemudian rendam dengan air masak selama beberapa menit. Setelah itu saring dan ambil airnya saja lalu minum dengan teratur. Lakukan cara tersebut hingga asam urat dirasa sembuh.

8.Daun Cocor Bebek
Cocor Bebek merupakan tanaman yang berasal dari Madagascar dan dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis seperti Indonesia. Daun Cocor Bebek memiliki sifat astrigen, anti bakteri, dan anti radang yang dapat membantu mengobati asam urat.

Cara mengobati asam urat dengan daun Cocor Bebek yaitu dengan menyeduh daun yang sudah dikeringkan terlebih dahulu dengan air panas. Jangan lupa daun cocor bebek kering harus digeprek atau ditumbuk sebelum diseduh. Bisa juga ditambahkan madu sebagai pemanis.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Tradisional | Destiara Cahaya | 4.5