Hindarkan Bayi dari Perut Kembung dengan 4 Cara ini

By On Minggu, Juni 23rd, 2019 Categories : info kesehatan

Bayi yang baru saja lahir masih sangat sensitif terhadap segala hal, mulai dari makanan hingga sentuhan orang lain. Hal inilah yang menyebabkan bayi sangat rentan terhadap bebagai penyakit dan berbagai perasaan yang kurang nyaman. Salah satu yang paling sering terjadi pada bayi adalah perut kembung. Perut kembung tak jarang ditemukan pada bayi yang baru lahir hingga berumur empat bulan. Para orang tua pun dibuat kebingungan dengan tingkah bayi mereka yang sedang mengalami perut kembung.

Berikut adalah 4 cara mengatasi perut kembung pada bayi.

cara mengatasi perut kembung pada bayi

1.Menyusui bayi dengan poisisi yang tepat
Cara yang paling tepat untuk menyusui bayi adalah dengan memosisikan kepala dan lehernya lebih tinggi daripada perut. Jika menggunakan botol dot, maka letakkan agak mendatar sehingga udara bisa mengisi ruang yang tersisa dan tidak ikut termakan oleh bayi.

2.Bersendawa selama makan atau setelahnya
Bersendawa menjadi salah satu cara untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Ibu bisa membuat bayi bersendawa dengan sedikit menggungcangnya secara lembut dalam posisi duduk dan memegangnya di atas bahu. Namun dalam melakukannya juga perlu bersabar karena keluarnya gas membutuhkan beberapa menit.

3.Gunakan botol dot yang sesuai
Jika menyusui bayi menggunakan botol, maka sebaiknya pilih botol dengan dot yang lembut dan pas dengan ukuran mulut bayi. Hal ini akan mencegah masuknya udara ke perut bayi bersama dengan susu. Pastikan juga susu mengalir secara perlahan dan teratur sehingga bayi memiliki cukup waktu untuk minum dan menelan. Hal ini akan mencegah perut kembung.

4.Pijat dengan lembut
Cara lain untuk mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan memijatnya di bagian perut dengan lembut dan perlahan. Hal ini bisa dilakukan sekitar 30 menit setelah bayi selesai minum susu. Cara ini juga bisa dibantu dengan menggunakan bola lembut yang digerakkan secara melingkar searah jarum jam di atas perut bayi. Gerakan ini sesuai dengan jalur pencernaan yang akan membantu pengeluaran gas.

Nah itulah beberapa langkah yang bisa bunda lakukan agar si kecil tidak mengalami perut kembung, semoga dapat membantu ya. Dan sikecil sehat selalu dan tumbuh dengan baik.

loading...
Hindarkan Bayi dari Perut Kembung dengan 4 Cara ini | Destiara Cahaya | 4.5