Berapa Kadar DHA Yang Diperlukan Oleh Tubuh?

By On Kamis, Desember 26th, 2019 Categories : info kesehatan

Asupan asam lemak omega-3 DHA umumnya dapat dicapai dengan suplementasi atau peningkatan konsumsi ikan berminyak. Namun, memilih suplemen DHA ini mungkin akan sedikit membingungkan Anda (terutama tiap produk memiliki jenis dan dosis berbeda). Sementara itu nutrisi DHA dan perkembangan otak janin harus cukup, dengan tidak mengurangi atau melebihi dosis yang dianjurkan.

Rekomendasi Kadar DHA Yang Diperlukan Tubuh
Umumnya, tidak ada rekomendasi khusus seputar berapa banyak omega-3 DHA yang diperlukan oleh tubuh. Karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda sesuai jenis kelamin, usia, dan status kesehatan. Sementara itu, sebagian besar organisasi kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi 250-500 mg gabungan EPA dan DHA setiap hari, baik untuk pria maupun wanita.

Sedangkan untuk jalur alami, maka lebih baik mengkonsumsi dua porsi ikan setiap minggu. Mengambil lebih banyak DHA di atas 5.000 mg setiap hari juga terbukti aman (dengan minimal risiko efek samping tertentu). Namun Anda harus berhati-hati, beberapa suplemen mungkin tertulis 1.000 mg minyak ikan. Namun nyatanya kandungan omega-3 di dalamnya jauh lebih sedikit.

Dosis Omega-3 Untuk Berbagai Keadaan

dha untuk ibu hamil

1.Untuk ibu hamil dan menyusui
Kadar omega-3 yang dikonsumsi selama kehamilan dan menyusui akan berdampak besar pada pertumbuhan dan perkembangan bayi. Umumnya para wanita ini dianjurkan mengkonsumsi 300-900 mg gabungan DHA dan EPA tiap hari. Sementara untuk ibu hamil, dianjurkan mengkonsumsi 200 mg DHA setiap hari. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Gue Sehat untuk dosis yang lebih tepat.

2.Untuk bayi dan anak-anak
Pada dasarnya bayi yang berusia 0-24 bulan membutuhkan sekitar 10-12 mg DHA per kilogram berat badan bayi. Sementara untuk anak-anak yang lebih dewasa bisa diberi hingga 250 mg DHA per hari (bergantung kebutuhan anak). Umumnya asupan DHA ini bisa berasal dari Air Susu Ibu (ASI), susu formula, atau makanan yang diperkaya dengan omega-3.

3.Untuk kondisi lainnya
Kandungan omega-3 diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung. Umumnya pasien dengan penyakit kardiovaskular membutuhkan 300-600 mg omega-3 per hari atau bisa juga dengan asupan dua porsi ikan berlemak tiap minggu. Sementara untuk orang dewasa yang kehilangan memori, atau mengalami trauma, dan gangguan kognitif lainnya bisa mengkonsumsi antara 900-1.700 mg per hari.

loading...
Berapa Kadar DHA Yang Diperlukan Oleh Tubuh? | Destiara Cahaya | 4.5