Serba-Serbi Bayi Tabung Dan Inseminasi Buatan

By On Senin, Desember 16th, 2019 Categories : info kesehatan

Sebagian masyarakat indonesia tentu tahu dengan yang namanya bayi tabung dan inseminasi buatan. Kedua program kehamilan ini sangat banyak dijadikan sebagai solusi bagi mereka yang sulit memiliki momongan. Entah itu karena kelainan alat reproduksi, atau ada penyebab tertentu lainnya.

Bisa dibilang, program kehamilan ivf (bayi tabung) dan inseminasi buatan ini merupakan cara yang paling populer dan favorit untuk dijadikan sebagai pemecah jalan buntu bagi mereka yang mengalami masalah kehamilan.

inseminasi buatan

Siapa saja yang disarankan untuk menjalani 2 program ini?
Yang jelas, tak semua pasangan suami istri harus melakukan 2 program ini untuk mendapatkan anak. tentunya, semua pasangan suami istri menginginkan seorang buah hati dengan cara yang normal dan alami. Dua program ini hanya untuk membantu dan mempermudah bagi mereka yang sulit untuk mendapatkan momongan.

Untuk program bayi tabung ada beberapa orang yang disarankan untuk mengikuti program bayi tabung, yaitu:

1.Pengidap endometriosis
2.Memiliki jumlah sperma yang sedikit
3.Mengalami gangguan pada rahim atau tuba valopi
4.Ketidakmampuan sperma untuk memasuki atau bertahan didalam mukus leher rahim

Sedangkan untuk program inseminasi buatan, alasan yang paling umum untuk melakukan program ini adalah jumlah sel sperma yang sedikit. Namun, ada juga beberapa kalangan yang disarankan untuk melakukan program ini, yaitu:

1.Memiliki masalah pada lendir serviks
2.Disfungsi ejakulasi
3.Infertilitas yang tidak diketahui penyebabnya
4.Adanya jaringan parut pada rahim sehingga menghambat lajunya sperma.

Berapakah Biaya untuk Menjalani Kedua Program Tersebut?
Dari segi biaya, inseminasi buatan lebih unggul karena memilki biaya yang lebih sedikit. Bagi yang ingin mencoba inseminasi buatan hany cukup menyiapkan uang sebesar 8-12 juta rupiah. Sedangkan untuk program bayi tabung, kami sarankan, anda menyiapkan dana dengan kisaran 80-120 juta rupiah.

program ipf

Apakah Ada Efek Samping Dari Kedua Prigram Tersebut?
Segala sesuatu yang instan tentunya memiliki efek samping tersendiri. Bagi yang mengikuti program bayi tabung mungkin akan mengalam efek samping ringan seperti:

Keputihan
Begah ringan
Sembelit
Kram ringan
Payudara melunak

Adapun efek yang cukup serius adalah mengalami sindrom overstimulasi indung telur dan kehamilan ganda. Namun, jangan khawatir, karena efek ini akan mudah ditanggulangi jika dokter terus mengawasi perkembangannya.

Sedangkan untuk inseminasi buatan sebenarnya efek samping ini sangat tipis kemungkinannya untuk terjadi. Namun, apa salahnya jika kita tahu. Efek samping tersebut, yaitu:

1.Bayi kembar
2.Sindrom overstimulasi indung telur
3.Kehamilan ektopik
4.Keguguran
5.Infeksi

loading...
Serba-Serbi Bayi Tabung Dan Inseminasi Buatan | Destiara Cahaya | 4.5