Resep Sayuran Untuk Balita yang Mudah Dimasak dan Dijamin Enak

By On Jumat, Januari 3rd, 2020 Categories : info kesehatan

Sayuran dan buah-buahan memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan si kecil. Kandungan vitamin, serat dan kandungan berharga lain di dalamnya berperan penting dalam mendukung proses tumbuh kembang anak. Diantaranya menjaga pencernaan anak tetap sehat, mengurangi resiko obesitas, dan menyeimbangkan gizi sehingga bisa memiliki tubuh yang bugar. Kita boleh mulai mengenalkan buah dan sayur kepada si kecil pada usia lebih dari 6 bulan saat ia sudah mulai bisa mencerna makanan selain ASI.

sayuran untuk balita

Pilihlah tekstur makanan yang lunak dan berikan selama beberapa hari berturut-turut agar ia mengenali rasanya, sekaligus kita juga bisa melihat bilamana si kecil memiliki reaksi alergi pada makanan tersebut. Sayur dan buah dihaluskan agar makanan mudah dicerna, jangan memberikan buah yang memiliki rasa asam. Tetapi sebagai awalan yang baik berikan buah Pisang yang kaya kalium, Wortel yang memiliki kandungan vitamin A, Brokoli, Jamur dan Jagung manis. Cuci bersih sayuran dan buah-buahan agar terhindar dari paparan zat yang tidak di inginkan seperti pestisida.

Resep sayur untuk balita yang bisa bunda coba.

Sayur Oyong dan Ceker Spesial

Bahan-bahan

1 buah oyong secukupnya
1 buah wortel
1 bungkus soun
6 ceker ayam
4 baso sapi sedang
2 siung bawang putih & bawang merah
Secukupnya garam dan gula
400 ml air

resep sayuran untuk balita

Langkah

  • Bersihkan Oyong dan wortel lalu kupas dan potong-potong dadu kecil
  • Potong kecil bakso baksonya
  • Potong bawang putih dan bawnag merah lalu goreng, tiriskan
  • Bersihkan ceker ayam lalu rebus selama 10 mnt, buang air rebusannya lalu didihkan air baru dan rebus lagi ceker masak sampai empuk
  • Setelah itu masukkan baso dan oyong, masak sampai oyong berubah menjadi lebih lunak, tambahkan garam dan gula, aduk rata, angkat
  • Rendam soun dengan air matang sampai mengembang dan lembut. Tiriskan, lalu potong agar tidak terlalu panjang.
  • Penyajian, taruh soun pada mangkok lalu tuang sayur oyong di atasnya dan berikan taburan bawang merah dan putih.

Resep sayur untuk balita ini sangat simpel dan mudah untuk dicoba, jika si kecil tidak suka oyong maka bisa diganti dengan sayuran lain yang disukainya. Selain variasi resep, bunda harus menciptakan suasana makan yang menyenangkan agar sikecil dapat makan dengan riang gembira. Dengan demikian, sikecil tidak berkeberatan untuk mulai belajar menyukai sayuran dan buah-buahan. Selamat mencoba ya bunda.

loading...
Resep Sayuran Untuk Balita yang Mudah Dimasak dan Dijamin Enak | Destiara Cahaya | 4.5