Jelang Akhir Tahun 2019, Suzuki Indonesia Meluncurkan Baleno Facelift

By On Jumat, Februari 21st, 2020 Categories : Otomotif

Jakarta –PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki Indonesia selain menawarkan program penjualan akhir tahun, secara diam-diam juga sudah menyiapkan satu mobil terbaru. Kabar tersebut sebenarnya sudah terdengar sejak beberapa bulan terakhir. Namun, tidak diketahui secara pasti kapan waktu peluncurannya alias masih ‘abu-abu’.

Dan akhirnya setelah sekian lama, pihak Suzuki Indonesia membuka suara. Melalui undangan resmi yang diterima redaksi Carmudi, memberitahukan produsen otomotif asal Jepang ini meluncurkan Baleno Facelift pada 20 Desember 2019. “Suzuki mengajak rekan-rekan media untuk hadir pada peluncuran Baleno terbaru sebagai salah satu mobil baru andalan kami,” demikian isi undangan yang Carmudi terima dari Suzuki Indonesia.

Undangan tersebut juga memberitahukan bahwa seremonial peluncuran Suzuki Baleno Facelift dilaksanakan di salah satu resto yang berlokasi di daerah Jakarta Selatan pada pukul 15.00 WIB.

Sebagai informasi, Suzuki Baleno dipasarkan pertama kali di Tanah Air pada tahun 2017 lalu, bersamaan dengan GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show). Sejak diluncurkan, mobil tersebut belum pernah mendapatkan pembaruan.

baleno

Sebelum resmi dipasarkan secara umum, Suzuki Indonesia menunjukkan konsep dari Baleno yang diberikan nama Ik-2. Dengan mengandalkan platform terbaru ‘Heartect’, Suzuki Baleno terbaru tidak hanya tampil sebagai mobil yang ringan, tapi juga lebih kokoh. Selain itu, struktur mobilnya lebih handal sehingga saat dibawa berkendara, terasa nyaman di berbagai kondisi jalan.

Menariknya, platform ‘Heartect’ yang diandalkan membuat konsumsi bahan bakar Baleno terbaru semakin irit. Di sisi lain, mobilnya juga lebih lincah saat melakukan akselerasi, berbelok, atau pengereman.

Di Tanah Air, Suzuki Indonesia membekali Baleno terbaru dengan mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga model lama, yaitu K14B. Mesin tersebut memiliki konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, VVT berkapasitas 1.373 cc.

Dengan mesin tersebut, tenaga yang dikeluarkan sebesar 90 Hp pada 6.000 rpm serta torsi puncak 130 Nm pada 4.200 rpm. Semua tenaga disalurkan ke roda depan lewat transmisi otomatis ataupun manual.

Suzuki Baleno Facelift Meluncur Terlebih Dulu di India

Suzuki Baleno Facelift sebelum masuk ke Indonesia, telah meluncur terlebih dahulu di India pada Januari 2019 silam. Mobil tersebut tampil dengan sedikit pembaruan pada sisi eksteriornya. Sisi eksterior Baleno Facelift terlihat semakin sporty dibandingkan dengan model sebelumnya, berkat bumper dan gril berdesain baru. Selain tu, lampu depan dan peleknya juga terlihat berbeda.

Di sisi lain, sisi interiornya juga tidak banyak mendapatkan pembaruan. Pihak Suzuki hanya menawarkan kombinasi warna jok mobilnya. Berbeda dengan mobil Suzuki di Indonesia, Suzuki Baleno Facelift di India memiliki mesin bensin berkapasitas 1.200 cc, empat silinder dengan tenaga sebesar 83 Hp dan torsi puncak 11 Nm. Terdapat juga pilihan mesin diesel berkapasitas 1.300 cc dengan tenaga sebesar 74 Hp dan torsi 190 Nm.

loading...
Jelang Akhir Tahun 2019, Suzuki Indonesia Meluncurkan Baleno Facelift | Destiara Cahaya | 4.5