Rekomendasi Jual Aki Motor Terdekat & Cara Mengeceknya Agar Awet

ganti aki motor

Aki motor memiliki peran penting yang akan memberikan kenyamanan saat berkendara. Tapi sayangnya banyak orang tidak menyadari hal ini. Tidak seperti oli mesin dan rem yang sering diganti berkala, maka aki motor seringkali diabaikan sampai kemudian rusak sepenuhnya. Saat mau di stater tidak ada daya lagi sehingga motor tidak menyala.

Kejadian ini pernah menimpa istri saya, motor yang ia bawa tiba-tiba tidak bisa distater. Ia baru saja pulang kerja setelah lembur, dari ujung telepon ia terdengar panik karena waktu itu hari sudah mulai beranjak gelap. Motornya ini sama sekali tidak bisa distater sehingga membuat ia sangat khawatirkarena samasekali tidak bisa “ngogleng” pakai kick stater. Ia yang sudah terbiasa tinggal klik menjadi sangat kesulitan saat aki motor bermasalah. Akhirnya istri saya jemput dan motornya di kick stater, untungnya motor tersebut bisa menyala.

Cara Agar Aki motor Awet

aki-motor-terbaik

Berkaca dari hal tersebut, tentunya sangat penting untuk melakukan pemeriksaan pada aki. Karena seperti semua hal, aki sepeda motor juga memiliki masa pakai yang pada akhirnya perlu diganti. Jika aki sudah berusia lebih dari dua tahun atau mulai lemah saat distater, ini adalah tanda untuk mengeceknya apakah perlu diganti atau tidak.

1. Cek terminal Aki

Pastikan terminal aki motor tidak ada korosi yang menempel. Korosi ini biasanya terlihat seperti serbuk-serbuk kerak putih yang jika dibiarkan bisa menghalangi suplai listrik ke komponen lainnya. Pastikan juga kabel pada terminal tidak longgar, kencangkan secara teratur untuk mencegahnya.

2. Jangan Gunakan aksesoris kelistrikan berlebihan

Saat ini ada banyak sekali aksesoris kelistrikan yang bisa kita pilih, mulai dari lampu yang terang sekali hingga klakson bermacam type. Namun yang perlu diingat adalah tidak semua aksesoris ini cocok dengan motor yang kita miliki. Perhatikan kapasitas daya listrik pada motor sebelum memutuskan untuk memasangnya. Beban daya yang berlebihan dapat membuat aki cepat soak dan rusak.

3. Cek Spull

Sistem pengisian juga perlu dicek agar aki motor terisi daya dengan baik saat digunakan. Sistem pengisian yang tidak maksimal dan stabil akan sangat berpengaruh pada usia aki motor. Jika kesulitan untuk melakukan pengecekan sendiri, kita dapat meminta teknisi untuk melakukannya saat pergi ke bengkel secara teratur.

4. Gunakan motor secara berkala

Motor yang lama tidak dipakai seringkali akinya ngedrop. Untuk itu usahakan untuk memakainya secara berkala, atau panaskan beberapa waktu secara teratur agar komponennya tidak mogok.

Rekomendasi jual aki terdekat.

jual aki terdekat

jual aki terdekat di planet ban

Walaupun secara teknis sepeda motor dapat hidup dengan aki yang ngedrop, tetapi hal itu tentu tidak disarankan terlebih jika sepeda motornya dipakai sebagai kendaraan harian. Aki yang lemah atau rusak akan cukup merepotkan. Selain itu juga dapat memengaruhi kinerja sepeda motor secara keseluruhan dan menyebabkan kerusakan lebih parah pada komponen lainnya. Jika aki sepeda motor mulai menunjukkan tanda-tanda bermasalah, lebih baik segera menggantinya daripada menundanya.

Nah dimana sebaiknya mengganti aki motor? Ada banyak orang yang tidak punya pengetahuan untuk mengganti aki sendiri. Jadi sebaiknya cari referensi jual aki terdekat agar bisa sekalian dipasangkan. Pilih bengkel terpercaya yang memiliki reputasi yang bagus agar hasil pengerjaannya memuaskan.

planet ban terdekat

Planet Ban adalah salah satu opsi bengkel motor terbaik yang bisa kita pilih. Bengkel yang sebelumnya identik dengan jual dan pasang ban motor ini teryata kini juga melayani jual dan pasang aki. Planet Ban menyediakan pelayanan menyeluruh bagi sepeda motor mulai dari ban, hingga servis dan penggantian suku cadang.

Planet Ban memiliki pelayanan yang terstandarisasi, tentunya hal ini membuat kita sebagai konsumen akan merasa lebih nyaman saat servis motor kesini. Kita tidak perlu was-was akan digetok harga pengerjaan, sparepart juga langsung tersedia sehingga pengerjaan lebih cepat, dan tentunya dukungan teknisi yang handal. Jangan khawatir, Planet Ban kini telah hadir di banyak kota bahkan hingga kota kecamatan, jadi dengan demikian kita bisa menjumpainya tanpa kesulitan.

5 thoughts on “Rekomendasi Jual Aki Motor Terdekat & Cara Mengeceknya Agar Awet

  1. nunu

    Wah ia banget nih, cewek tuh kalau urusan motor bingung banget. Apalagi suruh ganti aki haduh, untung ada planet ban ya pelayanannya maksimal.

  2. heyrian

    eh baru tau nih planet ban juga beli aki ya, makin lengkap aja pelayanannya.

  3. Saiful Hana

    pengalaman aku juga nih aki tekor bikin capek banget harus nyelah, bisa dipertimbangkan nih rekomendasinya buat ganti aki ke planet ban aja.

  4. Ferry Iswanto

    kebetulan banget lagi cari-cari referensi bengkel nih, servis di planet ban bakaln lebih enak sih dripada digetok bengkel pinggir jalan hehehe.

  5. berakhirpekan

    kirain planet ban hanya jualan ban motor saja, ternyata ada servis juga ya. Boleh banget kesana buat servis dan cek aki.

Komentar ditutup.