Kelebihan dan Kelemahan Metode Titip Lelang Mobil, Mana yang Paling Baik?

By On Senin, Januari 24th, 2022 Categories : Otomotif

Titip lelang merupakan cara terbaru menjual barang bekas dengan praktis dan keuntungan lebih besar. Tidak heran kalau ada banyak sekali balai lelang mobil Jakarta yang berlomba menawarkan keunggulannya. Kelebihannya biasanya ditunjukkan dari metode lelang yang digunakan oleh balai lelang tersebut.

lelang mobil jakarta

Metode Titip Lelang Mobil di IBID Serta Kelebihan dan Kelemahannya

Di IBID Balai Lelang Serasi sendiri terdapat beberapa metode yang ditawarkan kepada peserta lelang ataupun pihak yang ingin menggunakan jasa titip lelang. Metode tersebut memiliki cara penerapan yang berbeda-beda dan bisa dipilih sesuai keinginan.

Untuk mengetahui mana metode paling baik yang bisa digunakan, berikut kelebihan dan kelemahannya.

  1. Metode Flash Auction

Sesuai namanya, metode ini lelang ini diselenggarakan dengan cepat dalam durasi satu jam. Mobil penjual yang ikut titip lelang dengan metode ini bisa langsung dilelangkan di waktu yang sama setelah inspeksi dan kesepakatan harga dasar.

  • Kelebihan:

Mobil yang dijual bisa laku dengan sangat cepat.

Terdapat fitur live chat dan live streaming dalam proses lelang, sehingga transparansi lelang tercipta antara IBID, penjual yang titip lelang, serta peserta lelang.

Potensi mendapat harga yang tinggi lebih besar karena waktu lelang terbatas sehingga peserta akan segera menawarkan harga terbaiknya.

  • Kelemahan:

Tidak bisa berpikir lebih lama untuk menjual mobil dengan harga yang ditentukan, meski masih ragu untuk menjualnya.

  1. Metode Live Auction

Selama masa pandemi, Live Auction menjadi satu-satunya metode lelang IBID yang direkomendasikan. Bagi yang memilih metode ini, maka barang yang sudah sepakati akan dilelang sesuai jadwal secara real time. Pada metode ini, peserta lelang ada yang ikut secara onsite ada juga yang online.

  • Kelebihan:

Penjual bisa mendapatkan penawar dalam satu lokasi sehingga proses pindah tangan mobil yang dilelang bisa lebih mudah.

Mobil yang dijual bisa laku lebih cepat karena terbatas pada waktu lelang sesuai yang sudah dijadwalkan.

  • Kelemahan:

Peserta lelang terbatas hanya pada mereka yang berada pada satu lokasi dengan cabang IBID tempat titip lelang. Jadi potensi mendapat banyak penawar dengan harga tinggi lebih kecil.

  1. Metode Timed Auction

Metode titip lelang mobil terakhir adalah timed auction. Metode ini sering disebut sebagai metode lelang berjangka, karena batas waktu lelang lebih panjang, bahkan bisa sampai berhari-hari. Jika belum menemukan harga terbaik, mobil masih akan terus dilelang.

  • Kelebihan:

Jangkauan peserta sangat luas karena bisa diikuti oleh seluruh peserta dari berbagai kota di Indonesia.

Memiliki kemungkinan untuk mendapatkan penawar dengan harga yang tinggi dan sesuai keinginan.

  • Kelemahan:

Mobil yang dijual laku lebih lama.

Kemungkinan adanya pesaing tinggi karena dalam beberapa waktu ke depan bisa saja ada mobil serupa yang dilelang dengan harga lebih murah.

Mana yang Paling Baik?

lelang terbaik di jakarta

Dari kelebihan dan kelemahan metode titip lelang di atas, lalu manakah yang paling baik? Secara keseluruhan metode titip lelang yang memang terlihat paling menguntungkan adalah flash auction karena mobil bekas yang dijual bisa lebih cepat laku dengan harga tertinggi.

Namun semua tergantung kebutuhan pribadi masing-masing. Jika ingin menjual mobil dengan lebih santai dan harga tinggi, maka metode lived auction ataupun timed auction bisa lebih baik dari flash auction.

Dengan segala kelebihan dan kelemahan dari metode titip lelang mobil Jakarta di IBID, tentu kamu bisa memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan. Namun pastikan untuk menjual mobil dengan sistem titip lelang yang jelas lebih menguntungkan dibandingkan menjualnya langsung.

Kelebihan dan Kelemahan Metode Titip Lelang Mobil, Mana yang Paling Baik? | Destiara Cahaya | 4.5