Hati-hati! 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Mobil Bekas

By On Selasa, Desember 28th, 2021 Categories : Otomotif

Beli Mobil Bekas

https://www.freepik.com/free-photo/headlights-new-red-car-car-dealership_9277095.htm#page=1&query=driving%20car&position=28&from_view=search

Dewasa ini kebutuhan akan kendaraan roda empat semakin tinggi. Alasannya mobil memberi banyak kenyamanan, misalkan bisa melindungi penumpangnya dari hujan maupun panas sehingga aktivitas harian tidak terpengaruh perubahan cuaca.

Namun harga mobil baru yang tinggi tidak bisa dijangkau oleh semua orang. Salah satu opsi yang biasa dipilih adalah dengan beli mobil bekas. Simak tips beli mobil bekas yang perlu Anda perhatikan lewat penjelasan berikut.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas menjadi pilihan banyak orang karena harganya yang lebih rendah sehingga pembelinya tetap bisa mencukupi kebutuhan lain. Namun membeli mobil bekas menghadirkan risiko tersendiri karena mesinnya yang sudah pernah digunakan. Berikut 5 tips beli mobil bekas yang perlu diperhatikan yaitu :

  • Harga Pasaran Mobil

Hal pertama yang patut diperhatikan ialah harga pasaran dari tipe mobil yang Anda incar. Jangan sampai Anda membeli mobil dengan harga terlalu tinggi dibanding harga umum di pasaran.

Saat menentukan anggaran untuk membeli mobil, jangan lupa untuk menyiapkan anggaran untuk biaya servis mengingat mobil bekas pasti membutuhkan servis agar memberikan kualitas prima tak kalah dengan mobil baru.

  • Tempat Beli Mobil Bekas

Berikutnya adalah tempat membeli mobil bekas yang harus Anda pilih secara jeli. Adapun tempat jual beli mobil bekas bisa dilakukan baik secara online ataupun offline.

Untuk online, Anda bisa mencari di website-website jual beli mobil bekas. Di sini, Anda dapat menemukan banyak pilihan mobil bekas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.

Selain lewat website, Anda juga bisa bergabung di grup Facebook setelah menemukan tipe mobil yang akan Anda beli. Di sana Anda dapat bertanya terkait karakteristik mobil tersebut, misalnya tentang spare part-nya apakah mudah dicari atau tidak, mahal atau murah, tentang fitur unggulan mobil hingga masalah yang banyak muncul pada mobil tipe tertentu.

Di sini, Anda bisa sekaligus bertanya apakah ada yang akan menjual mobil. Membeli mobil pada mereka penggemar jenis tertentu dapat memberikan hasil memuaskan karena sudah pasti terawat.

Opsi lain adalah dengan mengunjungi dealer yang menyediakan banyak pilihan mobil bekas. Selain lebih leluasa dalam menentukan pilihan, Anda juga bisa memperoleh garansi saat melakukan pembelian di dealer.

  • Perhatikan Interior dan Eksterior Mobil

Setelah menemukan tipe mobil yang akan dibeli beserta budget-nya, tak kalah penting adalah memperhatikan keadaan mobil tersebut, seperti bagian interior dan eksterior. Agar aman, Anda dapat mengajak teman yang memang paham akan mesin mobil.

Secara umum, sebaiknya Anda menghindari mobil yang interiornya sudah berkarat karena lambat laun bisa mengakibatkan keropos. Saat Anda menemukan karat dengan area kecil, sebaiknya segera Anda bereskan.

Selain memeriksa mesin mobil, Anda juga perlu bertanya tentang riwayat servis yang pernah dilakukan, komponen apa saja yang sudah diganti dan sebagainya guna memastikan keadaan mobil tersebut.

  • Periksa Kelengkapan Surat-surat

Tips beli mobil bekas selanjutnya adalah memeriksa kelengkapan surat-suratnya, seperti pajak kendaraan. Jangan lupa tanyakan juga apakah boleh meminjam KTP untuk keperluan pajak agar memudahkan urusan.

  • Sistem Pembayaran

Tips beli mobil bekas berikutnya ialah menentukan sistem pembayaran yang akan Anda gunakan. Pilih cara pembayaran yang tidak memberatkan keuangan. Siapkan uang muka dalam jumlah besar ketika Anda memutuskan membeli mobil secara kredit karena beban cicilan per bulan yang lebih ringan.

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membeli Mobil

Nah, itulah beberapa tips beli mobil bekas yang perlu Anda terapkan sebelum deal transaksi untuk menghindarkan dari penyesalan saat mobil yang dibeli kurang memuaskan. Berikutnya adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan setelah berhasil membeli mobil.

tips Beli Mobil Bekas

 

https://www.freepik.com/free-photo/back-headlights-black-luxury-car_10522603.htm?query=driving%20car

  • Servis Mesin

Hal pertama yang perlu dilakukan setelah membeli mobil bekas ialah melakukan general check up, seperti servis mesin, memeriksa kaki-kaki hingga mengecek air radiator atau keadaan fan extra.

Keawetan mesin mobil sendiri ditentukan oleh suhu sehingga saat air radiator habis atau fan extra perlu diganti maka bisa segera dilakukan tindakan.

Sedangkan keadaan mesin serta kaki-kaki berpengaruh langsung terhadap performa mobil saat digunakan dan harus diperhatikan betul apakah perlu diservis atau tidak.

  • Pembersihan Mobil

Siapa pun tidak bisa memastikan kebersihan mobil bekas yang telah digunakan oleh pemilik sebelumnya. Oleh sebab itu, pembersihan menjadi hal yang perlu dilakukan setelah membeli mobil bekas.

Bagian yang perlu dibersihkan antara lain tempat duduk yang memang sangat rentan menjadi kotor. Anda juga bisa melakukan isi ulang filter AC, menambahkan kaca film agar mobil bekas tetap terasa nyaman.

  • Modifikasi

Modifikasi pada mobil bekas adalah langkah yang boleh dilakukan namun juga boleh untuk tidak dilakukan. Modifikasi sendiri misalnya dengan menambah sound system yang tentu dapat menambah kenyamanan saat berkendara atau sekedar mengganti velg jika warnanya kurang sesuai dengan selera Anda.

Beli mobil bekas kerap menjadi pilihan karena memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding membeli mobil baru. Bagi Anda yang berencana membeli mobil bekas, jangan lupa menerapkan beberapa tips beli mobil bekas di atas agar tak menyesal.

Sedangkan bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas dengan sistem cicilan, Anda bisa melakukannya melalui Maybank Finance yang memang telah berpengalaman dalam melayani program beli mobil bekas. Maybank Finance  bisa diakses secara online dengan berbagai program penawaran yang pastinya menguntungkan.

Referensi :

https://www.youtube.com/watch?v=S_MQ5X7xO4A

https://maybankfinance.co.id/artikel/mobil-bekas-murah

 

 

Hati-hati! 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Mobil Bekas | Destiara Cahaya | 4.5