Manfaat Berjemur Untuk Kesehatan Tubuh

By On Kamis, April 9th, 2020 Categories : info kesehatan

Beberapa hari ini kita sering disuguhi dengan anjuran untuk berjemur, entah itu di sosial media maupun dari grup-grup whatsap. Hal ini diyakini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjadi lebih kuat menangkal virus corona. Namun seberapa efektif kah berjemur demi kesehatan tubuh itu sendiri?.

manfaat berjemur

manfaat berjemur

Berjemur adalah cara kita untuk mendapatkan Vitamin D, karena pada faktanya tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin ini dengan sendirinya. Selain berjemur kita juga bisa mendapatkannya dari jenis-jenis bahan makanan seperti kuning telur dan susu. Lalu apasih manfaat dari mencukupi asupan vitamin D?.

Manfaat Berjemur matahari.

1. Meningkatkan sistem Imunitas

Yang pertama perlu kita ketahui dari manfaat berjemur adalah dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Vitamin D yang didapat dari sinar matahari akan mampu membantu mencegah datangnya penyakit dan infeksi virus. Pada kondisi seperti sekarang yang sedang pandemi COVID-19, tentunya akan membuat tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang dapat menghalau virus corona covid-19.

2. Memperkuat tulang

Ingin tulang yang kuat?, maka berjemur dibawah matahari akan membantumu untuk mendapatkannya. Hal ini tidak terlepas dari fungsi dari vitamin D berfungsi  yang berfungsi untuk merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang berguna bagi kesehatan tulang.  Vitamin D3 dari sinar matahari memiliki peran signifikan untuk kepadatan tulang. Penyerapan kalsium menjadi lebih efektif sehingga mampu menghindarkan kita dari menderita osteoporosis dan arthritis di masa depan.

berjemur-sinar-matahari

3. Membantu kita pikiran menjadi lebih rileks

Dengan berjemur, akan menghindarkan kita dari Seasonal Affective Disorder (SAD) yang merupakan depresi umum ringan yang dapat menimpa mereka yang bekerja berjam-jam di dalam gedung dan jarang keluar ruangan. Berjemur di bawah sinar matahari pagi mampu mengurangi stres. Sinar matahari mampu mesntimulasi tubuh untuk melepaskan hormon serotonin yang berfungsi untuk menjaga suasana hati menjadi lebih baik dan memberikan perasaan tenang.

4. Tidur menjadi Lebih Berkualitas

Sering insomnia atau sulit tidur?, maka berjemur dieprcaya mampu memperbaiki kualitas tidur sehingga bisa lebih nyenyak di malam hari. Menurut sebuah penelitian, sinar matahari yang mengenai mata akan mengirim sebuah pesan menuju kelenjar pineal dalam otak untuk produksi hormon melatonin yang mampu menimbulkan rasa kantuk.

5. Menyembuhkan penyakit kulit

Manfaat berjemur yang lainnya adalah membantu penyembuhan penyakit kulit, seperti jerawat, psoriasis, eksim, penyakit kuning, dan masalah kulit lainnya. Berjemur mampu mengurangi gejala psoriasis secara signifikan pada 84% partisipan.

Walaupun berjemur matahari memiliki bergam manfaat, namun yang perlu di ingat adalah mencegah efek samping negatif dari radiasi ultraviolet. Lakukan berjemur tanpa berlebihan, hanya sekitar 10-15 menit saja sehari sudah lebih dari cukup.

Manfaat Berjemur Untuk Kesehatan Tubuh | Destiara Cahaya | 4.5