3 Dampak Buruk Karang Gigi Bagi Kesehatan

By On Rabu, Juni 10th, 2020 Categories : info kesehatan

Berapa kali dalam setahun teman-teman mengunjungi dokter gigi? Jujur saja, banyak sekali orang yang mengunjungi dokter gigi hanya karena sakit gigi, bukan untuk memeriksa kesehatan gigi atau sekedar berkonsultasi. Padahal dampak buruk yang ditimbulkan oleh karang gigi bisa mengganggu aktifitas sehari-hari.

cara untuk menghilangkan karang gigi sebetulnya penting untuk diketahui, walaupun banyak orang menganggap sekilas karang gigi bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Padahal nyatanya, banyak sekali dampak buruk yang diakibatkan oleh karang gigi yang dibiarkan lama menghuni gigi sehat kita. Berikut ini beberapa dampak buruk yang bisa diakibatkan oleh karang gigi, supaya kita lebih peduli pada kesehatan gigi kita.

  1. Radang gusi

Jangan pernah menyepelekan karang gigi. Karang gigi adalah sarang bagi jutaan bakteri yang nggak baik untuk kesehatan gigi kita yang disebabkan oleh perilaku hidup nggak sehat. Jika dibiarkan terus menerus tanpa penanganan serius, karang gigi akan mengakibatkan banyak sekali masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut, salah satunya adalah radang gusi. Masalah gusi ini bukanlah masalah yang sepele. Radang gusi yang disebut juga dengan nama gingivitis adalah peradangan yang seringkali nggak disadari oleh penderitanya.

  1. Gigi berlubang

Kasus berikutnya adalah gigi berlubang. Meskipun sebenarnya kita sering diingatkan tentang cara menghilangkan karang gigi, atau sekedar cara untuk membuat gigi kita tetap sehat. Tapi seringkali kita nggak bisa menghindari gigi berlubang yang disebabkan oleh kurang pedulinya kita pada anjuran-anjuran tersebut. Gigi berlubang adalah masalah yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, untuk beberapa kasus gigi berlubang bisa membuat orang yang menngalaminya menjadi kesulitan saat makan. Dan itu adalah salah satu hal yang paling menyebalkan ketika kita ingin menikmati makanan favorit kita.

cara menghilangkan karang gigi

  1. Bau nafas tak sedap

Satu lagi akibat buruk dari karang gigi adalah bau nafas tak sedap, pemicunya adalah karang gigi yang nggak ditangani dengan baik membuat gigi berlubang hingga radang gusi yang akhirnya membuat nafas kita mengeluarkan bau tak sedap. Akibatnya kita akan kehilangan kepercayaan diri kita saat berhadapan dengan orang lain bahkan akan sangat mengganggu bagi orang-orang yang mengutamakan interaksi diskusi yang intens dalam pekerjaannya. Bau nafas tak sedap akan menurunkan kualitas kepercayaan diri kita.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menghilangkan karang gigi dan merawat kesehatan gigi kita setiap saat. Salah satu cara paling efektif dengan rutin  menyikat gigi. Jangan anggap anjuran itu hanya berlaku untuk anak-anak di sekolah dasar saja. Karena gigi yang kuat dan sehat akan membuat kepercayaan diri kita meningkat.

Selain itu cobalah untuk membuat jadwal rutin untuk mengunjungi dokter gigi, untuk pemeriksaan gigi minimal enam bulan sekali. Periksakan kesehatan gigi kita supaya kita terhindar dari banyak masalah kesehatan gigi.

 

3 Dampak Buruk Karang Gigi Bagi Kesehatan | Destiara Cahaya | 4.5