12 Cara Menjaga Kebersihan Rumah, Bebas Virus Saat Pandemi

By On Jumat, Agustus 28th, 2020 Categories : info kesehatan

Kebersihan adalah salah satu faktor penting demi menjaga kesehatan tubuh. Terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, sudah sewajarnya kita menjaga kebersihan dengan lebih ekstra. Tak hanya kebersihan tubuh, kita juga bisa menjaga kebersihan rumah dan lingkungan tempat tinggal agar terbebas dari virus. Yuk, intip 13 cara menjaga kebersihan rumah berikut ini yang dapat kamu terapkan menjadi bagian dari kebiasaan sehari-hari!

cuci tangan

1. Lepas sepatu saat hendak masuk ke rumah dan simpan dengan rapi

Demi menjaga kebersihan lantai rumah usai beraktivitas, pastikan kamu melepas sepatumu sesaat sebelum masuk ke dalam rumah. Segera simpan sepatu yang sudah digunakan di rak sepatu agar tidak tercecer. Jika kamu memakai kaus kaki, biasakan untuk tidak disimpan ke dalam sepatu untuk digunakan kembali di lain hari agar terhindar dari kelembaban yang mendorong perkembangan bakteri dan memicu timbulnya aroma tidak sedap.

2. Bersihkan seluruh barang bawaan dengan disinfektan sebelum masuk ke rumah

Sediakan semprotan disinfektan di depan rumah. Tujuannya, kamu bisa membersihkan seluruh barang bawaanmu usai beraktivitas di luar sebelum kembali memasuki rumahmu. Hal ini dapat mengurangi risiko berpindahnya bakteri dan virus yang melekat pada barang-barang bawaan ke benda-benda lain yang ada di rumah

3. Segera bersihkan tempat tidur sesaat setelah bangun

Rasa malas pasti datang menghampiri jika kamu menunda-nunda sesuatu. Sama halnya dengan merapikan tempat tidur. Agar kasurmu selalu bersih, pastikan selalu membereskannya sesaat setelah bangun. Selain itu, pastikan kamu selalu mengganti seprai, selimut, hingga sarung bantal dan guling secara berkala.

4. Letakkan baju kotor di laundry basket lalu cuci baju setiap hari

Salah satu cara menjaga kebersihan rumah adalah dengan selalu meletakkan baju kotor ke dalam laundry basket atau keranjang cucian agar tidak tercecer. Pakaian kotor yang tercecer bisa menimbulkan bau kurang sedap serta risiko penyebaran bakteri dan virus apabila terkena barang-barang lainnya. Sempatkan juga untuk mencuci baru setiap hari agar kebersihan tiap pakaian tetap terjaga.

5. Bersihkan dapur dan meja makan langsung setelah digunakan

Setelah masak maupun makan, segeralah bersihkan kitchen counter dan meja makanmu. Terkadang, ada saja bekas-bekas makanan yang tidak terlihat dan bisa menjadi sarang berkembangnya kuman dan bakteri saat kotoran tersebut membusuk. Tak hanya itu, bau tidak sedap tentunya juga bisa muncul. Oleh karenanya, rajinlah membersihkan kedua area ini, sebab rentan bersentuhan dengan tiap makanan yang kamu konsumsi.

6. Segera cuci piring dan alat masak agar tidak menumpuk

Siapa yang suka menunda-nunda untuk mencuci piring dan alat-alat masak sampai menggunung? Yuk, biasakan langsung mencucinya sebagai salah satu cara menjaga kebersihan rumah kamu. Pilih sabun dengan kandungan antibakteri untuk memastikannya selalu higienis.

7. Sapu lantai secara berkala

Selalu bersihkan lantai rumahmu dengan menyapu secara berkala. Kamu bisa melakukannya lebih dari sekali, terlebih jika rumah kamu memiliki banyak penghuni. Meski terdengar sepele, menyapu lantai adalah cara menjaga kebersihan rumah yang harus dilakukan dengan teliti hingga sela-sela ruangan yang sangat kecil, seperti bagian belakang pintu dan kolong lemari.

8. Gunakan cairan pembersih saat mengepel

Saat mengepel, gunakanlah cairan pembersih agar lantai terlihat mengkilap. Cairan pembersih ini juga berfungsi untuk membunuh kuman yang mungkin hidup di lantai rumah kamu. Pastikan kamu mengepel lantai setidaknya satu kali dalam sehari.

9. Kelola sampah dengan cara pemilahan sampah

Cara menjaga kebersihan rumah yang efektif lainnya adalah dengan mengelola sampah. Supaya sampah tidak menimbulkan bau yang kurang sedap ke seluruh ruangan rumahmu, tempatkan tempat sampah di area yang tepat. Kemudian, lakukan pemilahan terhadap sampahmu dengan memisahkan sampah kering dan sampah basah (organik yang mudah membusuk).

10. Kembalikan barang-barang yang sudah digunakan ke tempatnya

Agar rumah tetap tampak bersih dan teratur, biasakan diri untuk selalu mengembalikan barang-barang yang telah digunakan ke tempat semula. Cara ini juga akan memudahkanmu di lain waktu saat ingin menggunakan kembali barang tersebut.

air humidifier

11. Gunakan air humidifier dan air purifier

Selain barang-barang dan perabotan rumah yang harus selalu bersih, udara di dalam rumah pun perlu diperhatikan. Kamu bisa menggunakan air humidifier untuk mengatur kelembaban udara atau air purifier untuk menjernihkan udara sekitar dengan menyaringnya dari partikel polutan.

12. Sedia cairan antiseptik untuk sterilisasi benda serta seluruh sisi dan sudut ruangan

Pastikan kamu juga selalu menyediakan cairan antiseptik di dalam rumah guna membersihkan berbagai benda agar tetap steril saat hendak digunakan. Pilihlah cairan antiseptik dengan food grade agar lebih aman.

Dengan berbagai cara menjaga kebersihan rumah tadi, kamu tentunya bisa juga merawat kesehatan dirimu dan seluruh keluarga terkasih yang tinggal di rumah yang sama. Tunjukkan juga perhatianmu bagi mereka dengan memberikan asuransi kesehatan keluarga di Qoala, terlebih di masa pandemi yang membuat setiap orang rentan terhadap penyakit. Tak hanya bisa mendapatkan layanan kesehatan terbaik bagi keluarga tercinta, asuransi kesehatan juga akan memberikan rasa aman dan nyaman dari segala risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

12 Cara Menjaga Kebersihan Rumah, Bebas Virus Saat Pandemi | Destiara Cahaya | 4.5