Diproduksi oleh Brabus, 10 Unit Mercedes-AMG GT 63 S Jadi Makin Powerful  

By On Rabu, November 18th, 2020 Categories : Otomotif

Berita otomotif terbaru – Nama Mercedes-AMG GT 63 S sudah tak asing lagi dengan image-nya sebagai sebuah saloon-coupe berkekuatan super. Tentu saja ini berkaitan dengan tenaganya yang ada di angka 630 hp dengan torsi 900 Nm sehingga wajar apabila disebut “super”. Versinya GT 73 S yang hybrid juga sama powerful-nya. Namun demikian, semua seakan tidak ada apa – apanya jika dibandingkan dengan garapan baru dari Brabus.

Tuner asal Bottrop, Jerman ini sudah punya pamor dalam meracik Mercedes-Benz jadi lebih sangar bahkan melebihi potensinya yang dari awal telah luar biasa. Lihat saja line up “Rocket” yang lahir dari alter ego brutal sedan coupe Mercedes-Benz sejak 2006. Rumah modifikasi Brabus pun baru – baru ini mengenalkan Brabus Rocket 900 terbaru yang berangkat dari model Mercedes-AMG GT 63 S.

Tak hanya menjebloskan tuning chip, berbagai upgrade pemacu lain pun dilakukan termasuk komponen mekanikal. Dari kubikasi enjin V8 Biturbo bawaan mobil ini, kemudian ditingkatkan dari 4,0 liter jadi 4,5 liter. Di samping itu, Brabus turut memodifikasi sektor pemadat udara, yakni sepasang turbocharger khusus ditanamkan dengan kompresor yang lebih besar demi meningkatkan boost pressure agar mencapai di 1,4 bar. Udara segar dapat langsung dihirup lewat ram air intake yang letaknya ada di sudut grille.

Berita otomotif terbaru ini tentunya menjadi kabar yang menyegarkan bagi para pecinta otomotif. Selain hardware yang mendapatkan gubahan, software mobilnya pun disesuaikan. Pertama – tama, ECU dikalibrasi ulang dengan cara dilakukan mapping ulang injeksi, pembakaran serta boost pressure control. Semua tentunya telah melalui berbagai seri pengujian dimulai dari rolling-road spesifik penggerak 4 roda, test-bench mesin hingga uji jalan raya dan sirkuit.

Hasil garapan mekanikal tersebut menyajikan output yang istimewa. Versi standar Mercedes yang satu ini sebenarnya sudah termasuk salah satu yang terkencang, namun setelah dirakit secara apik oleh Brabus performanya jadi makin jauh di depan. Total yang dapat dimuntahkan Brabus Rocket 900 ini adalah 900 hp dan sanggup mencapai torsi maksimal 1.250 Nm. Penyalur dayanya ada girboks multi-clutch Speedshift MCT 9-speed yang dipadukan dengan sistem 4Matic+.

Sumber daya sangarnya ini dapat memacu akselerasi ke 100 kpj tuntas dalam waktu 2,8 detik saja. Apabila pedal gas terus diinjak selama 21,1 detik lagi, pengendara dapat mencapai 300 kpj. Namun, tenaganya yang powerful akan dibatasi oleh limiter elektronik di 330 kpj dengan mempertimbangkan bobot keseluruhan 2,12 ton dan cakupan batas dari kemampuan bannya.

Keganasan performanya ini dibarengi dengan tampilan eksterior yang oke pula. Dengan dipasangkan pelek Monoblock Z dengan bungkus Aero Disc, mobilnya tampil makin keren. Selain itu, pada sektor kaki – kakinya dipasang Brabus Airmatic Sport sehingga postur bodi merendah sampai 25 mm dengan adanya dua mode berkendara, yakni Comfort dan Sport. Tidak tanggung – tanggung, Brabus menyematkan bodikit khusus model Rocket 900 ini dengan material serat karbon.

Aerodinamika menjadi salah satu pertimbangan penting sebab mengingat pula kemampuan mobil ini melaju hingga 330 kpj. Paling terasa di bagian depan, karena memainkan transisi lembut menuju sepatbor melar. Dimensi air intake samping dibuat lebih besar, sehingga menyuguhkan bantuan pendinginan ke ruang mesin sekaligus memberikan udara segar ke sistem pengereman.

Optimalisasi aerodinamika juga datang dari pengembangan multi-piece carbon rear wing dalam wind tunnel. Menyesuaikan tema, desain bumper pun dibuat agar dapat membantu mengalirkan udara lebih baik. Hal ini terlihat dari diffuser yang lebih tegas ketimbang basis dasarnya serta memanfaatkan juga carbon fiber. Aksen karbon lain dapat ditemukan pada samping bumper belakang dan ada juga di cover spion.

Yang membuat berita otomotif terbaru ini menjadi kabar menarik bagi para penggemar otomotif, sebab hanya 10 unit Mercedes-AMG GT 63 S saja yang akan diproduksi oleh Brabus dengan spesifikasi Rocket 900 ini. Tak hanya itu, setiap modelnya akan memiliki keunikan sendiri tergantung spesifikasi khusus dari pembeli. Karena diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, Mercedes-AMG GT 63 S versi Rocket 900 ini dibanderol dengan harga yang sangat tinggi. Dalam edisi pertamanya ini, mobil ini dipasangkan label harga sebesar 435.800 Euro atau sekitar Rp 7,5 miliar.

Demikianlah berita otomotif terbaru kali ini. Tertarik untuk memiliki Rocket 900?

Diproduksi oleh Brabus, 10 Unit Mercedes-AMG GT 63 S Jadi Makin Powerful   | Destiara Cahaya | 4.5