Semua Hal yang Perlu diketahui dari Kolesterol

By On Jumat, November 27th, 2020 Categories : info kesehatan

pengertian kolesterol

Kesehatan jantung tidak terlepas dari kadar kolesterol dalam darah, pola makan yang tidak teratur dan kurang berolahraga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Tekanan pekerjaan dengan jadwal yang ketat juga sering memaksa seseorang untuk mengkonsumsi makanan cepat saji yang lambat laun menyebabkan meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh. Lalu apa sebenarnya kolesterol itu dan kenapa begitu penting bagi tubuh?

Pengertian umum dari kolesterol adalah zat seperti lemak yang ditemukan di semua sel di tubuh. Tubuh Kita membutuhkan kolesterol untuk membentuk hormon, vitamin D, dan zat yang membantu kita mencerna makanan. Tubuh membuat semua kolesterol yang dibutuhkannya melalui organ hati. Kolesterol juga didapatkan melalui makanan yang bersumber dari hewani, seperti kuning telur, daging, dan keju.

Walaupun Kolesterol ini berguna, namun jika kadar dalam darah terlalu banyak, maka dapat membentuk plak. Plak tersebut menempel di dinding pembuluh darah yang kemudian dapat menyebabkan penyakit koroner, di mana arteri koroner menjadi sempit atau bahkan tersumbat.

Jenis-jenis Kolesterol?

Tidak semua kolesterol itu jahat, tetapi ada juga kolesterol baik yang sangat berguna bagi tubuh. Kolesterol dibagi kedalam tiga yaitu HDL, LDL, dan VLDL. Mereka adalah kombinasi lemak (lipid) dan protein. Lipid harus dilekatkan pada protein agar dapat bergerak melalui darah. Jenis lipoprotein yang berbeda memiliki tujuan yang berbeda:

  • HDL atau high-density lipoprotein. Adalah jenis kolesterol “baik” karena ia memiliki tugas membawa kolesterol dari bagian lain tubuh kembali menuju ke organ hati. Hati kemudian menghilangkan kolesterol dari tubuh.
  • LDL aatau low-density lipoprotein. Adalah jenis kolesterol “jahat” karena dengan meningkatnya kadar LDL pada tubuh dapat menyebabkan penumpukan plak pada arteri.
  • VLDL atau very low-density lipoprotein. VLDL merupakan kolesterol “jahat” karena bertanggung jawab pada penumpukan plak pada arteri. Perbedaan antara VLDL dan LDL adalah VLDL membawa trigliserida dan LDL terutama membawa kolesterol.

Apa penyebab kolesterol tinggi?

Penyebab paling umum dari kolesterol tinggi adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti makan banyak lemak jahat.

  • Lemak jenuh, terutama daging, produk susu, makanan berminyak dan berlemak
  • Lemak trans, terutama ditemukan di gorengan dan makanan cepat saji. Mengkonsumsi lemak ini dapat meningkatkan kolesterol LDL.
  • Kurang beraktivitas fisik, banyak duduk dan sedikit olahraga.
  • Merokok

Faktor Genetika atau keturunan juga dapat menyebabkan seseorang memiliki kolesterol tinggi. Misalnya, familial hypercholesterolemia (FH) adalah bentuk turunan dari kolesterol tinggi. Kondisi medis lain dan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Semua Hal yang Perlu diketahui dari Kolesterol | Destiara Cahaya | 4.5