Ini Dia Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Sebelum ke Dokter Gigi

By On Minggu, Juni 13th, 2021 Categories : info kesehatan

sakit gigi

Sakit gigi bukanlah sesuatu yang bisa kita bercandakan, rasa sakitnya yang menyiksa seringkali membuat kita tidak bisa beraktifitas apapun. Pada level ringan, mungkin hanya akan terasa tidak nyaman dan kemudian hilang seiring waktu. Tetapi jika berlanjut menjadi lebih parah, maka rasa sakitnya benar-benar bisa membuat kita menangis.

Nyeri di sekitar gigi dan rahang seringkali disebabkan oleh peradangan atau infeksi pada pulpa bagian dalam gigi. Atau bisa juga disebabkan oleh tambalan yang lepas atau gigi yang berlubang. Tapi terkadang rasa sakit ini menjalar jauh dari sumbernya, karena rasa sakitnya mungkin terasa menjalar hingga sekitar telinga, sinus, atau rahang. Sakit gigi biasanya bisa memburuk akibat dari mengkonsumsi makanan atau minuman terutama yang dingin, serta manis.

Penyebab sakit gigi

Penyebab paling umum dari sakit gigi adalah adanya kerusakan gigi itu sendiri. Ketika gigi berlubang dan menjadi sarang dari bakteri, ini dapat mengikis permukaan email gigi. Dan jika terus dibiarkan akan mengenai ujung saraf sensitif dan menjalar ke bagian tengah gigi mencapai pulpa. Inilah yang kemudian akan membuatnya terasa sangat sakit.

Kebersihan gigi yang kurang terawat juga lambat laun dapat merusak lapisan gigi dan juga akarnya, hal ini kemudian dapat menyebabkan gigi menjadi goyah dan sakit. Selain itu, abses, cedera, dan impaksi juga bisa menjadi penyebab sakit gigi yang tidak boleh diabaikan.

cara mengobati sakit gigi

Gejala sakit gigi

  • Nyeri berdenyut
  • Rasa sakit yang intens
  • Sakit sinus
  • Sakit menjalar pada rahang, leher, telinga
  • Sakit pada semua gigi, depan, belakang, atas, bawah (geraham)
  • Nyeri saraf gigi

Mengobati sakit gigi di rumah

Cara mengobati sakit gigi secara sederhana ini mungkin akan membantu saat kamu belum bisa pergi menemui dokter gigi. Dan berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengobati rasa sakit gigi:

  • Kompres dengan es pada area yang sakit
  • Minum obat penghilang rasa sakit. Antiinflamasi yang dijual bebas seperti ibuprofen, maupun parasetamol bisa kita pilih.
  • Berkumurlah dengan air garam, ini akan membantu mengurangi bakteri dalam mulut dan dapat mengempeskan pembengkakan pada area yang sakit.
  • Oleskan minyak alami yang hangat seperti cengkeh dan kayu putih.

Cara diatas ini hanyalah pilihan pereda nyeri untuk sementara, dan untuk mengatasi sakit gigi dengan tuntas, kita tetap harus mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan diagnosis profesional dan menerima pengobatan secara tepat.

Agar kita bisa menghindari sakit gigi, kita harus merawat gigi dan gusi. Perhatikan kebersihan mulut dengan baik dan selain itu Kita juga harus melakukan pemeriksaan gigi secara rutin. Gigi yang kuat dan sehat akan membuat kita nyaman dan dapat terhindar dari sakit gigi yang menyiksa.

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Sebelum ke Dokter Gigi | Destiara Cahaya | 4.5