Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Paling Efektif

By On Selasa, September 21st, 2021 Categories : info kesehatan

cara meningkatkan imun tubuh yang paling efektif

Sistem imun adalah garis pertahanan pertama tubuh saat melawan penyakit. Sistem imun akan melawan virus, bakteri berbahaya, infeksi dan parasit. Dengan memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat itu berarti kita akan lebih sedikit mengalami sakit. Yang perlu diketahui adalah, sistem kekebalan tidak itu tidak bersifat konstan. Adakalanya karena berbagai hal kadarnya menurun. Oleh karena itu, Sistem kekebalan itu harus dipelihara dengan baik. Lalu bagaimana caranya?

Cara meningkatkan imun tubuh yang paling efektif dimulai dengan menjaga pola makan yang teratur, berolahraga rutin dan sebisa mungkin kurangi stress. Berikut adalah tips yang akan sangat berguna untuk membangun dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat:

1. Kesehatan pencernaan adalah kuncinya.

Ahli kesehatan mengatakan bahwa 80 persen dari sistem kekebalan tubuh dipengaruhi oleh kesehatan pencernaan. Bakteri usus baik atau probiotik dapat membantu membangun sistem kekebalan yang kuat. Konsumsilah sayuran kaya serat, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan lemak sehat. Makanan fermentasi seperti kimchi, asinan kubis, dan yogurt atau kefir juga bagus untuk kesehatan pencernaan.

2. Sering-seringlah mencuci tangan.

Baru-baru ini, sejak pandemi kita menjadi lebih sering cuci tangan daripada sebelumnya. Ini adalah salah satu praktik yang paling efektif untuk mencegah penyebaran penyakit. Gosok selama 20 detik dan pastikan bersihkan sela-sela jarinya. Ini adalah kebiasaan yang sangat baik dan perlu tetap dilakukan bahkan setelah pandemi berakhir.

meningkatkan imun tubuh yang paling efektif

3. Berolahraga secara teratur.

Aktivitas fisik selama berolahraga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan membersihkan saluran pernafasan. Dengan berolahraga Kita memperlambat pelepasan hormon stres. Juga mengurangi kemungkinan kita untuk terkena beberapa penyakit dan itu juga membuat tulang menjadi lebih kuat. Namun yang perlu di ingat adalah kita tidak perlu berlebihan saat berolahraga. Karenaa jika terlalu banyak latihan keras justru dapat melemahkan sistem kekebalan dan membuat Kita rentan terhadap flu dan virus.

4. Minum vitamin dan suplemen.

Tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi vitamin dan suplemen jika makanan sehari-hari tidak mampu memenuhi kebutuhan vitamin yang diinginkan oleh tubuh. Vitamin C bermanfaat untuk membentuk pertahanan serta kekebalan dengan mendukung fungsi sel, melindungi terhadap stres, radikal bebas dan polutan. Buah-buahan yang identik dengan Vitamin C adalah jeruk,Pepaya, stroberi, kiwi, jeruk bali dan banyak lagi yang lainnya.

Sementara Vitamin D yang sering disebut “vitamin sinar matahari” dapat kita dapatkan dengan cara berjemur. Ini hanya membutuhkan waktu 10 menit paparan sinar matahari setiap hari untuk menghasilkan banyak vitamin D. Jangan berlebihan, karena ini dapat memicu penyakit lain jika terus berada dibawah matahari yang semakin menyengat.

5. Kurangi tingkat stres.

Ini memang akan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Stres memengaruhi respons kekebalan tubuh. Ini menyebabkan kita menghasilkan kadar kortisol dan sitokin ekstra, yang memicu peradangan. Jika dibiarkan maka bisa menurunkan jumlah sel darah putih yang tersedia untuk melawan infeksi. Selain itu, orang yang stres mungkin kurang tidur dan makan dengan benar sehingga mengabaikan kebiasaan sehat.

6. Pastikan cukup tidur.

Para peneliti mengatakan bahwa tidur yang buruk (kurang dari enam jam per malam) membuat seseorang empat kali lebih mungkin terkena flu. Ini penting karena Tubuh bergantung pada istirahat malam secara penuh untuk mengisi kembali sel dan protein.

7. Memiliki pikiran yang positif.

Kondisi mental benar-benar bisa memengaruhi kesehatan fisik. Sebuah penelitian menemukan bahwa tersenyum dan lebih riang bisa mengurangi tekanan darah dalam situasi stres. Ingatlah emosi negatif dapat melemahkan respons kekebalan, jadi jagalah pandangan dan selalu memiliki pikiran yang positif.

Nah itulah 7 tips yang bisa kamu coba yang akan sangat berguna untuk membangun dan menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat. Semoga bermanfaat ya.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Paling Efektif | Destiara Cahaya | 4.5