Langkah Mudah Mencuci Tangan Dalam 1 Menit

By On Rabu, Mei 29th, 2019 Categories : info kesehatan

Sejak dini, pasti kita telah diajarkan oleh orang tua maupun guru tentang betapa pentingnya cuci tangan sebelum makan atau sesudah melakukan berbagai macam aktivitas seharian agar tidak mudah sakit. Dengan melakukan kegiatan sederhana ini, seseorang bisa menekan penyebaran virus maupun bakteri penyebab penyakit secara signifikan. Contohnya, apabila Anda berada di bus, lalu berpegangan pada ruang, sedangkan tiang tersebut baru saja berkontak dengan orang penderita batuk, otomatis, kuman dari tangan orang tadi akan berpindah ke tangan Anda. Dan jika setelah itu tidak mencuci tangan, maka batuk orang tadi akan berpindah ke Anda. Tidak hanya batuk, masih banyak penyakit lain yang bisa menular lewat tangan.

cuci tangan

Banyak orang pasti beranggapan bahwa cuci tangan adakah hal yang sangat muda dan bisa dilakukan oleh siapa pun, dan di mana pun. Coba kita pikir-pikir, apakah setelah bertahun-tahun dapat melakukannya, kita telah melakukan cara ‘cuci tangan’ dengan benar dan tepat ?. Karena memang faktanya, cara cuci tangan tidak se-simple yang dilakukan banyak orang: yaitu hanya membasahi tangan, memakai sabun lalu bilas.

Perlu diketahui, bahwa waktu ideal mencuci tangan secara menyeluruh adalah 40 detik – 1 menit. Durasi itu sangat diperlukan untuk bisa menjaga kebersihan tangan guna menghindari penyebab diare dan infeksi berbahaya lain. Lalu, langkah mencuci tangan seperti apa yang dianjurkan dan benar?

Langkah Mudah Mencuci Tangan
1.Pertama-tama, basahi tangan dengan air mengalir yang sudah terjamin kebersihannya
2.Gunakan sabun secukupnya
3.Secara bersamaan, gosok telapak tangan, jauhkan dari air sementara
4.Gosok juga jempol, jemari dan sela-sela jari
5.Bersihkan telapak dan bagian kuku
6.Gosok juga punggung tangan
7.Cuci bersih dengan air mengalir lagi
8.Keringkan tangan segera, pakai handuk atau tisu bersih.

Itulah langkah mencuci tangan selama 1 menit yang bisa kita lakukan. Mungkin, saking banyaknya aktivitas, kegiatan mencuci tangan ini kerap lupa dilakukan. Sangat penting untuk mengingatkan diri sendiri tentang betapa pentingnya mencuci tangan seperti langkah di atas.

cuci tangan bersih

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Tangan Saat Bepergian?
Apabila kita tengah bepergian, bisa dipastikan tidak selalu membawa sabun dan juga air. Namun, kurangnya akses tersebut tidak akan menghambat kegiatan kita dalam mencuci tangan, kita bisa membawa cairan pembersih tangan bebas alkohol ke mana pun kita pergi. Caranya, cukup oleskan sebesar koin ke telapak tangan, pijat-pijat hingga cairan tersebut hilang.

Cara tersebut sangat berguna dilakukan sesaat sebelum makan, atau setelah berada di tempat ramai. Namun, jika kondisi tangan terlalu kotor, kita tetap harus mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Hati-hati menggunakan cairan pembersih tangan ini untuk anak-anak, sebab harus di bawah pengawasan orang tua.

loading...
Langkah Mudah Mencuci Tangan Dalam 1 Menit | Destiara Cahaya | 4.5