Rambut Lepek Bikin Sebel? Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

By On Sabtu, Juli 25th, 2020 Categories : info kesehatan

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang penting bagi perempuan. Bukan sekedar pelindung kepala, banyak perempuan menjadikan rambut sebagai penyempurna penampilan. Tak heran kalau mereka mendambakan rambut yang sehat, terawat, dan indah.

Tapi tak semua perempuan bisa mendapatkan rambut indah. Sebaliknya, masih banyak perempuan yang justru mengalami berbagai masalah rambut. Salah satunya adalah masalah rambut lepek. Walaupun terdengar sepele, tapi rambut lepek bisa menurunkan kepercayaan diri hingga mengganggu aktivitas loh.

Rambut lepek bisa kita atasi dan untuk langkah pertama kita perlu tahu penyebab-penyebabnya. Setelah itu kita baru bisa menerapkan beberapa tips untuk mengatasi masalah rambut yang satu ini. Nah, berikut ini akan dibahas soal penyebab dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut lepek.

rambut lepek

Penyebab Rambut Lepek

  1. Terlalu Sering Menyentuh Rambut

Siapa sangka kebiasaan ini ternyata bisa menyebabkan rambut lepek. Kok bisa? Ternyata menyentuh rambut bisa memicu rambut dan kulit kepala menjadi berminyak. Semakin sering kita menyentuh rambut, maka semakin banyak pula minyak yang diproduksi sehingga membuat rambut lepek

  1. Terlalu Sering Keramas

Sampo yang digunakan untuk keramas ternyata bisa mengilangkan minyak alami rambut. Semakin sering keramas maka minyak rambut juga semakin berkurang. Nah, tubuh akan mengira bahwa kulit kepala mengalami kekeringan sehingga memproduksi minyak lebih banyak. Inilah yang akhirnya membuat rambut menjadi lepek.

  1. Mengikat Rambut Saat Basah

Hayo ngaku, siapa yang sering mengikat rambut saat masih basah sehabis keramas? Apalagi kalau lagi buru-buru. Ternyata kebiasaan ini akan membuat kulit kepala menjadi lembap dan berminyak sehingga membuat rambut lepek loh. Pasalnya, rambut tidak bisa bernapas dan terkena udara segar saat terikat.

  1. Terlalu Sering Disisir

Semua yang dilakukan secara berlebihan memang tidak baik, termasuk menyisir rambut. Kebiasaan ini ternyata akan merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak secara berlebih pada rambut.

  1. Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Buat kalian yang sering beraktivitas di luar rumah, rambut lepek adalah salah satu “musuh” yang dihadapi hampir setiap hari. Apalagi kalau cuaca di luar sedang panas. Saat terpapar sinar matahari, pori-pori rambut akan mengeluarkan keringat. Hal inilah yang menyebabkan akar rambut memproduksi minyak berlebihan dan akhirnya membuat rambut lebih gampang lepek.

  1. Berlebihan Memakai Kondisioner

Kondisioner adalah produk perawatan yang berfungsi untuk melembapkan rambut. Tapi kita harus berhati-hati dalam menggunakannya nih. Karena jika berlebihan memakai kondisioner, rambut kita malah akan lepek. Belum lagi jika kondisioner yang kita gunakan ternyata terlalu berat. Hal ini juga akan membuat produksi minyak rambut semakin banyak dan membuat rambut lepek.

  1. Memakai Produk Yang Salah

Bukan tidak mungkin masalah rambut lepek muncul karena kita memakai produk perawatan yang salah. Banyak orang yang tidak begitu memedulikan produk perawatan rambut yang mereka pilih. Sehingga mereka memilih produk yang tidak sesuai dengan rambut mereka dan justru menimbulkan berbagai masalah, seperti rambut lepek.

rambut lepek

Cara Mengatasi Rambut Lepek

  1. Jangan Sering Sentuh dan Sisir Rambut

Sudah dijelaskan bahwa sering menyentuh rambut dan menyisir akan merangsang pembentukan minyak berlebihan. Maka solusinya adalah jangan terlalu sering menyentuh dan menyisir rambut. Kalian cukup menyisir rambut sehabis keramas. Jika memang harus terus merapikan rambut, cukup sisir dengan menggunakan jari. Ingat ya, secukupnya.

  1. Rutin Keramas dengan Benar

Jika kalian memiliki kulit kepala yang normal (tidak berminyak dan tidak kering), sebaiknya keramas secara rutin sebanyak sekali atau dua kali dalam seminggu. Sementara jika kalian memiliki kulit kepala yang cenderung berminyak, maka baiknya keramas dua hari sekali. Sesekali kalian juga dianjurkan keramas dengan air hangat. Karena air dengan suhu yang hangat ternyata lebih efektif mengangkat minyak yang berlebihan.

  1. Keringkan Rambut dengan Benar dan Jangan Ikat Saat Basah

Cara mengeringkan rambut yang benar adalah dengan memfokuskan ke akar-akar rambut. Kita harus menundukkan kepala saat mengeringkan rambut. Setelahnya, kembalikan kepala ke posisi semula dan mulai sisir dengan menggunakan jari tangan. Jika kalian ingin menggunakan hair dryer, maka cukup atur pada suhu medium agar rambut lebih sehat dan tak mudah lepek. Ingat juga, jangan sampai mengikat rambut saat masih basah.

  1. Rutin Memotong Rambut Yang Terlalu Panjang

Rambut yang sudah lama tidak dipotong akan tumbuh secara tak beraturan dan berpotensi terlalu tebal sehingga dapat memengaruhi produksi minyak pada rambut. Oleh karena itu, disarankan untuk rutin memotong rambut setiap 2 atau 3 bulan sekali.

  1. Gunakan Kondisioner dengan Benar

Pakailah kondisioner dengan benar, yakni di tengah hingga ujung rambut saja dan hindari kulit kepala. Cara ini akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Jangan lupa juga membersihkan bekas kondisioner dengan benar, supaya tidak ada sisa yang bisa membuat rambut berminyak. Untuk pemilik rambut berminyak, penggunaan kondisioner sebaiknya diganti dengan sampo yang memiliki kandungan vitamin.

  1. Gunakan Produk Yang Tepat

dove anti lepek

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut lepek adalah dengan menggunakan produk perawatan yang tepat. Salah satu produk perawatan rambut lepek yang kami rekomendasikan adalah sampo dan kondisioner Dove Volume Nourishment. Produk ini diformulasikan dengan teknologi Oxyfusion Technology untuk menghasilkan nutrisi yang dibutuhkan rambut.

Selain mengatasi rambut lepek, penggunaan sampo dan kondisioner Dove Vlolume Nourishment juga bisa melembapkan serta menambah volume rambut hingga 95 persen. Formulasi dari produk ini juga akan mengatasi masalah rambut kusut dan membantu menjadikan rambut terasa lebih halus. Sampo dan kondisioner Dove juga memiliki aroma yang segar sehingga bisa membuat rambut kamu wangi sepanjang hari.

Nah, gimana sekarang? Dengan mengenal penyebab dan cara mengatasi rambut lepek, kalian enggak perlu khawatir lagi deh. Waktunya bilang, Bye-bye lepek! 

Rambut Lepek Bikin Sebel? Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya | Destiara Cahaya | 4.5