5 Aktivitas Seru Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

By On Selasa, Juni 22nd, 2021 Categories : info kesehatan
Anak Kecanduan Gadget

Penting Untuk Meminimalisir Kecanduan Gadget Pada Anak. Images credit freepik.com

Era pandemi yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini, praktis membuat mama papa pusing tujuh keliling, dalam menerapkan pola asuh pada si kecil. Hal ini dikarenakan aktivitas si kecil, yang terpaksa harus lebih sering bersinggungan dengan gadget saat bersekolah. Sehingga kegiatan belajar dengan sarana gadget ini, akhirnya membuat si kecil menuntut untuk terus menggunakannya bahkan di luar jam sekolah. Bukan dengan tujuan mempelajari kembali ilmu dari sekolah, akan tetapi mengalihkannya pada aplikasi atau permainan. Alhasil kecanduan gadget pada anak pun tak bisa dihindari lagi.

Berbagai cara pastinya sudah dilakukan oleh mama papa demi menghindari persoalan ini. Seperti membatasi durasi penggunaan gadget dan mengawasi aplikasi apa saja yang diakses. Namun ternyata hal ini pun tak cukup untuk membuat si kecil mengurangi kecanduannya ini. Bahkan ketika si kecil sudah terpengaruh lingkungan sekitarnya, ia akan terus memaksa mama papa untuk tetap meminjamkan gadgetnya.

Memang menjadi tantangan tak mudah bagi papa mama dalam menyikapi hal ini. Di saat membatasi durasi pemakaian gadget sudah dilakukan, namun belum membuahkan hasil, otomatis mama papa mencari solusi berikutnya, demi mengurangi kecanduan gadget pada anak ini. Solusi tersebut diantaranya memberikan si kecil aktivitas seru bersama mama papa, agar sedikit banyak mengurangi kesukaannya pada gadget.

Memasak Bersama Anak

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak. Images credit freepik.com

 

5 Aktivitas Seru Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Pandemi yang memaksa semua orang membatasi mobilitas dan sebisa mungkin berada di rumah saja, berpotensi menimbulkan kebosanan. Sehingga hal ini membuat mama papa harus ekstra berpikir kreatif.

Mencari cara agar si kecil tidak bosan di rumah, sekaligus mengalihkan perhatiannya terhadap gadget. Dan tentunya sebisa mungkin, kegiatan yang dibuat oleh mama papa tak sekedar menghibur dan mengusir kebosanan, tetapi juga menambah nilai edukasi.

Agar si kecil jadi berpikir bahwa ternyata ada kegiatan seru bersama mama papa melebihi keseruan bermain gadget. Ada 5 hal yang mama papa bisa lakukan demi mengurangi kecanduan gadget pada anak diantaranya :

1. Mengembangkan Hobi Dan Aktivitas Seni

Ada baiknya mama papa mulai mengamati apa yang menjadi hobi si kecil. Katakan si kecil menyukai dunia menulis. Maka mama papa bisa mengembangkan hobinya, dengan mengajak si kecil bergabung dalam komunitas menulis. Atau si kecil menyukai dunia kuliner? Mama papa dapat menyalurkan hobinya dengan mengajaknya memasak bersama.

Si kecil menyukai seni? Mama papa bisa menyalurkannya dengan mengikuti berbagai lomba seni. Ketika mama papa jeli mengamati hobi si kecil, lalu menyalurkannya ke tempat yang tepat, maka si kecil perlahan akan mampu mengisi waktu luangnya dengan kegiatan bermanfaat, serta menambah kemampuan dirinya, dibandingkan hanya bersenang-senang bermain gadget.

2. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik yang dimaksud bisa dengan berolahraga, berkebun, atau bersepeda. Melakukan aktivitas fisik bersama, di samping membuat tubuh lebih sehat, juga memiliki manfaat menghindarkan si kecil sejenak dari aktivitas bermain gadget. Selain itu aktivitas fisik juga lebih mendekatkan interaksinya dengan mama papa, saudara atau orang lain di sekitarnya.

Si kecil juga akan belajar bersosialisasi dengan alam. Misalnya saat berkebun, si kecil akan belajar menjaga lingkungan. Bersepeda mengajarkan tentang etika berkendara, dan memahami pentingnya menjaga kesehatan. Bahkan jika si kecil memfokuskan diri pada olahraga hingga menuai prestasi, hal ini akan memberikan manfaat luar biasa untuk kehidupannya di masa mendatang.

3. Aktivitas Keagamaan

Aktivitas keagamaan menjadi filter penting untuk menyaring gempuran teknologi, yang berawal dari gadget ini. Ilmu agama yang mengajarkan banyak kebaikan, menjadi satu hal yang wajib dipikirkan mama papa, demi menghindarkan anak dari dampak negatif konten atau fitur aplikasi yang diakses hanya untuk hiburan sesaat. Mama papa bisa mengajak si kecil ikut serta dalam kajian agama seusianya. Atau berpartisipasi dalam kegiatan donasi kemanusiaan.

Bagi umat muslim, mengajarkan ilmu membaca Alquran, juga menjadi satu hal penting. Mama papa dapat mewujudkannya misalnya dengan mendorong si kecil mengikuti lomba menghafal Alquran. Aktivitas keagamaan ini, tak hanya mendatangkan manfaat untuk kehidupan dunia, tetapi sekaligus mendatangkan pahala untuk kehidupan akhiratnya kelak. Termasuk bagi mama papa yang telah berusaha sekuat tenaga mengenalkan ilmu agama pada si kecil.

4. Aktivitas Menjelajah Alam

Mama papa dan si kecil pun dapat melakukan aktivitas seru menjelajah alam bersama. Mama papa bisa mengajak si kecil ke taman kota, atau tempat wisata edukasi alam yang pastinya tersedia di semua daerah.

Kegiatan seru ini tak hanya menyehatkan badan dan merilekskan pikiran, tetapi sekaligus memberikan pelajaran pada si kecil untuk memelihara kelestarian alam. Misalnya memungut sampah yang berserakan atau tidak merusak tanaman. Aktivitas jelajah alam juga akan mengajarkan tanggung jawab terhadap kelangsungan hidup lingkungan sekitarnya.

5. Mengerjakan Tugas Dalam Keluarga

Si kecil juga dapat diikutsertakan dalam kegiatan pekerjaan rumah. Seperti menyapu, membuang sampah, membersihkan kamar sendiri, atau membersihkan tempat makannya.

Alokasikan waktu di akhir pekan untuk kegiatan ini, agar si kecil juga belajar pentingnya mengatur rumah. Kegiatan ini juga mengajarkan untuk bertanggung jawab dengan barangnya sendiri, merawatnya agar tetap bersih dan tidak rusak.

Ternyata ada juga aktivitas seru yang dapat mama papa lakukan demi mengurangi kecanduan gadget pada anak. Seperti yang tersedia di Kiddo.id. Kiddo.id adalah sebuah platform untuk membantu orang tua memaksimalkan potensi anak, daripada lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget.

Dengan berbagai fitur seperti kursus online, aktivitas liburan, buku dan mainan edukasi serta banyak fitur lain, yang memungkinkan si kecil lebih mengembangkan potensinya. Kabar baiknya saat ini Kiddo.id meluncurkan fitur baru yaitu Milestone Tracker.

Fitur yang membantu orangtua, untuk memantau pertumbuhan dan potensi anak, melalui pemantauan tumbuh kembang anak sesuai usia, tes potensi anak sesuai 8 kecerdasan majemuk, panduan aktivitas anak sejak usia 0 hingga 12 tahun, serta pembuatan jurnal tumbuh kembang anak. Jadi tunggu apalagi? Yuk mama papa, memaksimalkan tumbuh kembang anak dan kurangi penggunaan gadget pada anak bersama Kiddo.

Referensi :

https://www.motherandbaby.co.id/article/2018/1/11/9156/5-Aktivitas-Seru-Agar-Anak-Tidak-Jadi-Gadget-Freak
https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/ninda/cara-mengatasi-kecanduan-gadget-pada-anak/4
https://nakita.grid.id/read/022246338/anak-kecanduan-gadget-selama-di-rumah-aja-coba-moms-alihkan-dengan-aktivitas-menyenangkan-ini-saat-familyquality?page=all
https://www.haibunda.com/parenting/20190306213440-61-33499/salah-satu-trik-agar-anak-tak-kecanduan-gadget-ajak-main-bareng

5 Aktivitas Seru Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget | Destiara Cahaya | 4.5