Ini Jenis dan Plus Minus Mini Keyboard yang Harus Kamu ketahui

By On Kamis, Juli 22nd, 2021 Categories : Tekhno

Kebanyakan dari kita sangat menyukai Keyboard dengan ukuran standar. Ini karena ukurannya yang proporsional, tombolnya lengkap, serta jarak di antara tombolnya tersebut terasa tepat sehingga nyaman untuk digunakan saat mengetik.  Tetapi jika kita memiliki meja kecil, sering bepergian, atau suka bekerja di co-working space, mungkin kita membutuhkan sebuah mini keyboard yang lebih kecil agar lebih ringkas.

Beberapa keyboard mini memiliki konfigurasi spasi dan tombol yang sama dengan keyboard standar, namun  biasanya tidak memiliki tombol angka. Keyboard mini akan cocok dengan ruang kerja yang kompak, tetapi tetap memberikan portabilitas dan fungsionalitas yang dibutuhkan. Selain itu, ukurannya yang lebih kecil memungkinkan kita menempatkan mouse dekat dengan tubuh sehingga tidak membebani leher dan bahu.

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Keyboard Mini Terbaik?

mini keyboard tablet

Saat memilih keyboard mini terbaik, pertimbangkan bagaimana kita akan menggunakan keyboardnya nanti. Apakah hanya untuk bekerja, atau juga berfungsi untuk bermain game? Selain itu, pikirkan juga tentang bagaimana keyboard itu akan terhubung ke perangkat, apakah memakai kabel usb atau memilih yang lebih portabel seperti menggunakan bluetooth.

Ingat kompatibilitas juga. Pastikan keyboard berfungsi dengan perangkat yang dimiliki, atau lebih bagus lagi jika kompatible dengan beberapa perangkat sekaligus. Beberapa mini keyboard memiliki variasi yang berbeda-beda, diantaranya seperti fitur RGB, touchpad, foldabel atau lipat.

Ukuran

Keyboard mini memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga memiliki desain yang menawarkan jarak antar tombol yang lebih rapat jika dibandingkan dengan keyboard biasanya. Selain itu, untuk dimensi yang lebih kecil maka haru mengorbankan tombol numeric. Keyboard ukuran standar biasanya memiliki sekitar 101 tombol, tetapi keyboard mini hanya mempunyai sekitar 87 atau 88 tombol.

Jenis

Keyboard mini tersedia dalam berbagai jenis yang berbeda fungsinya.

  • Keyboard mini standar, ini akan cocok untuk membuat meja kerja terlihat lebih rapi dan ringkas
  • Keyboard mini yang dapat dilipat sangat cocok untuk dibawa bepergian. Keyboard yang sudah ringkas dapat dilipat hingga ukuran yang lebih kecil sehingga bisa dikantongi tanpa menyita space yang besar.
  • Keyboard gaming menciptakan pengalaman yang memukau bagi para gamer. Tombol backlit dengan efek pencahayaan RGB akan sangat menarik. Keyboard juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti anti ghosting dan makro untuk pengalaman bermain yang lebih baik.
  • Keyboard mini smartphone dan tablet. Keyboard ini akan mengubah perangkat seluler menjadi laptop kecil. Ini sangat cocok untuk mereka yang ingin ringkas. Keyboard terhubung secara fisik melalui konektor pin atau secara nirkabel melalui Bluetooth.

Mekanikal vs Membran

mini keyboard mecha

Keyboard membran biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau. Menekan tombol-tombol ini membutuhkan lebih banyak tenaga daripada keyboard mekanis, dan mungkin akan terasa berat. Selain itu, Keyboard ini memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan dengan keyboard mekanik. Ketika kotor, membran akan sangat sulit dibersihkan dan ketika sudah demikian maka akan mempengaruhi performa.

Sementara itu, keyboard mekanikal akan terasa lebih nyaman untuk digunakan namun harganya akan lebih mahal. Tetapi kabar baiknya adalah keyboard jenis ini biasanya akan lebih awet. Setiap tuts keyboard terdiri switch dan mudah untuk dilepas pasang. Namun, kekurangannya adalah suara yang ditimbulkan saat mengetik akan jelas terdengar “klak-klik”, bagi sebagian orang mungkin akan membutuhkan adaptasi dengan hal ini.

Berkabel vs. Nirkabel

Keyboard yang memakai kabel biasanya memiliki panjang antara 1.5 meter hingga 2 meter. Saat dibawa bepergian ini akan sedikit merepotkan, kabel mudah menjadi ruwet dan mungkin tertekuk. Namun, kelebihan dari keyboard berkabel adalah kemampuannya merespons lebih baik karena tidak ada delay. Keyboard nirkabel memungkinkan kita bekerja hingga 10 meter dari perangkat. Itu jarak yang ideal untuk menggunakan keyboard pada TV atau konsol game. Dan tentu saja, dengan tidak adanya kabel maka akan membuat tampilan lebih ringkas dan praktis.

Plus Minus Keyboard Mini

Plus dari Keyboard mini

  • Cocok untuk ruang kerja yang kecil
  • Mudah dibawa kemanapun
  • akan sempurna disandingkan dengan laptop, tablet atau smartphone

Minus dari keyboard Mini

  • Dibutuhkan adaptasi saat memakainya untuk pertamakali
  • Mungkin akan terasa terlalu kecil apalagi jika memiliki jari yang besar
  • Pad Tombol 10 Numerik harus dibeli secara terpisah jika ingin terus menggunakannya
Ini Jenis dan Plus Minus Mini Keyboard yang Harus Kamu ketahui | Destiara Cahaya | 4.5