Rekomendasi Games Online yang Cocok Untuk Anak-anak, Temukan di Plays.org

By On Rabu, Desember 8th, 2021 Categories : Tekhno

main games untuk anak

Bolehkah anak bermain game? Tentu saja boleh!. Saat ini masih banyak orang tua merasa khawatir jika game akan membuat anaknya ketagihan dan melupakan kewajibannya untuk belajar. Tetapi sebetulnya jika kita arahkan dengan baik, game bisa menjadi alat untuk membangun ikatan kita dengan sang anak dan mengajarkan beberapa hal dengan cara yang lebih menyenangkan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pilihlah game sesuai dengan usianya. Jangan berikan game bernuansa kekerasan untuk anak yang masih dibawah umur. Sebaiknya pilih game sederhana dengan nilai edukasi didalamnya, ini akan membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan kemampuan anak dalam hal kecerdasan emosional, dan membantu upaya akademis anak.

Jangan Takut jika Si Kecil Bermain game

Ketika anak mulai senang bermain games, sebagai orang tua kita harus mendampingi dan mendukungnya. Arahkan dia untuk bisa menangkap nilai-nilai positif dari games tersebut. Anak-anak yang memainkan games akan belajar tentang nilai dari sebuah usaha untuk bisa menang.

Setiap level dalam games selalu menantang untuk diselesaikan dengan cara yang berbeda. Disini ia akan belajar menganalisa, dan mengelola emosi agar terus berusaha jangan menyerah untuk bisa melewatinya. Dan ketika mereka berhasil menyelesaikan misi atau stage, maka hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri mereka dan juga menanamkan rasa pencapaian.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang bermain game akan memiliki koordinasi mata-tangan yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak bermain game. Selain itu, ada sejumlah permainan yang tersedia secara online yang berfokus pada menantang pikiran individu yang memainkannya. Ini sering disebut sebagai permainan “logika” sehingga dapat meningkatkan kecerdasan anak. Permainan ini dapat membantu dalam mengajar anak-anak konsep-konsep penting tentang sebab dan akibat, dan meningkatkan keterampilan matematika dan komputasi seorang anak.

Ketika seorang anak senang bermain game ini membuat dirinya lebih tertarik dengan bidang teknologi. Mereka akan merasa perlu untuk belajar komputer dan internet sehingga lebih luwes menghadapi era yang serba digital seperti sekarang ini. Anak-anak yang bermain game online dapat belajar multitasking secara efektif.

Mainkan Game Online di Situs yang Ramah Anak

plays.org games

Games online saat ini sangat banyak ditemukan di berbagai situs, banyak diantara situs tersebut yang tidak ramah anak. Beberapa diantaranya memiliki tampilan yang kurang rapi dengan iklan-iklan yang mungkin saja menampilkan konten dewasa. Sebagai orang tua kta tentu tidak mengingkan anak kita melihat konten yang tidak sepantasnya.

Lalu apa rekomendasi situs games online yang ramah anak? Nah, plays.org bisa menjadi pilihan yang terbaik bagi kita mengenalkan games-games sederhana yang menyenangkan untuk dimainkan si kecil. Situs ini memiliki tampilan yang clean, dan rapi sehingga kita sebagai pengunjung bisa menjelajahinya dengan mudah. Tidak ada iklan satupun yang akan mengganggu pandangan kita, kita dapat tenang bermain karena tidak ada iklan top up yang sangat menyebalkan seperti di situs games online kebanyakan.

Rekomendasi Games di Plays.org Untuk Anak-anak

Plays.org memiliki banyak sekali games di list inventorynya, dan setiap harinya masih ada banyak games baru yang ditambahkan. Koleksinya ini terbagi kedalam berbagai kategori yang akan memudahkan kita untuk memilihnya. Diantaranya yang akan cocok dimainkan bersama si kecil adalah beberapa games dibawah ini.

1. Defence Math

defense math

Ini adalah variasi games yang unik karena memadukan antara permainan defence tower dengan permainan matematika. Kita memiliki misi untuk mengusir tentara zombie dengan cara menjawab pertanyaan matematika. Setiap jawaban yang benar akan membuat meriam aktif mengenai zombie. Sementara jawaban yang salah mendorong lebih banyak zombie untuk datang. Permainan akan berlanjut sampai zombie mencapai menara.

Permainan ini menawarkan empat varian berdasarkan operasi matematika. Yaitu Pertambahan, Perkalian, Pembagian dan Pengurangan. Tidak ada pilihan untuk serangkaian pertanyaan campuran. Game ini adalah cara yang baik untuk menguji kemampuan matematika. Kita harus menyelesaikan setiap pertanyaan dengan cepat atau jika tidak zombi akan datang menghancurkan tower.

Link untuk bermain Defence Math https://plays.org/defense-math/

2. Endless Siege Tower Defense

permainan tower

Jika tidak ingin memainkan game dengan menyelesaikan soal matematika, maka game yang satu ini akan sangat menyenangkan untuk dimainkan. Kita diharuskan untuk menghalau zombi yang datang dengan menempatkan tower pertahanan di sepanjang jalur. Ada 4 jenis meriam yang bisa dipilih seperti meriam panah, meriam api, meriam batu, dan meriam waktu.

Dari setiap zombi yang terkena tembakan, kita akan mendapatkan koin yang berguna untuk membuat tower lainnya atau mengupgrade tower yang telah ada agar memiliki cakupan yang lebih luas lagi. Uniknya ada tombol untuk mempercepat jalannya games hinga 1x,2x,3x. Semakin diamainkan, games ini semakin menyenangkan. Kita harus memperkirakan apakah tower tersebut mampu atau tidak menghadang zombi yang datang.

Link untuk bermain Endless Siege Tower https://plays.org/endless-siege/

3. Pizza Party

games online untuk anak

Jika anak kita masih belum mengerti tentang soal matematika maka kita bisa mengajaknya untuk bermain Pizza Party. Ini adalah games yang sederhana namun menyenangkan. Pizza party mengajak kita untuk menyelesaikan pesanan pizza menurut order dari pelanggan. Ada beragam bentuk dengan variasi yang berbeda-beda untuk dihidangkan. Semakin banyak pizza yang dibuat kita bisa membuka level permainan.

Semakin tinggi level maka kombinasi toping pizza akan semakin rumit. Ini akan melatih daya ingat anak dan juga kemampuannya untuk mengidentifikasi bentuk dan warna.

Link untuk bermain Pizza Party https://plays.org/pizza-party/

4. Fuzz Bugs Factory

game online untuk anak

Ingin mengajarkan warna kepada sikecil? Permainan ini akan sangat cocok. Ini adalah games yang terdiri dari 5 level yang berbeda. Di setiap levelnya kita harus mewarnai si Fuzz Bugs dengan warna yang sudah ditentukan. Tidak hanya 1 warna tetapi juga berbagai kombinasi warna lain. Kita bisa menutupi sebagian badan Fuzz Bugs untuk memberi paduan warna tersebut.

Dengan demikian, si kecil akan mengenal warna dan mencocokannya. Belajar untuk menyelesaikan misi dan menjadi problem solved yang handal.

Link untuk bermain Fuzz Bugs Factory https://plays.org/fuzz-bugs-factory/

5. Tom & Jerry Arts and Crafts Art

game mewarnai online

Bermain dengan warna akan sangat menyenangkan bagi si kecil. Daripada melakukannya di kertas sehingga belepotan, ajak saja untuk bermain Tom & Jerry Arts and Crafts Art ini. Disini ada 6 gambar yang siap untuk diwarnai, ada pilihan mewarnainya dengan pencil atau dengan kuas. Selain itu juga ada sticker yang menarik.

Tidak ada patokan untuk menyelesaikannya, kita bisa melakukannya sekreatif mungkin. Kita bisa sembari mengenalkannya kepada beberapa objek seperti pohon, pagar, hingga perabot rumah dan juga kemungkinan warna apa yang bisa dipakai. yang lebih menyenangkannya lagi kita bisa mendownload gambar yang sudah diwarnai tersebut.

Link untuk bermain Tom & Jerry Arts and Crafts Art https://plays.org/tom-and-jerry-arts-and-crafts/

Kesimpulan

Games tidak selalu identik dengan hal yang negatif, tetapi justru bisa menjadi ajang pembelajaran yang menyenangkan bagi sikecil. Ditengah maraknya konten di internet, kita harus sangat selektif memilihkan game yang sesuai untuknya. Selalu dampingi ketika ia ingin bermain games secara online, jangan ragu karena ini akan membuat hubungan kita dengannya semakin erat. Membentuk memori yang indah yang akan di ingatnya kelak hingga dewasa.

Rekomendasi Games Online yang Cocok Untuk Anak-anak, Temukan di Plays.org | Destiara Cahaya | 4.5