5 Poin Penting Sebelum Membeli Printer, Harus Ada Ini

By On Senin, Mei 16th, 2022 Categories : Tekhno

memilih printer terbaik

Dulu, mesin printer kurang lebih hanya dipakai untuk mencetak dokumen, namun sekarang, ada printer multifungsi atau all-in-one yang dapat melakukan lebih dari sekadar mencetak dan bahkan sudah berteknologi wireless. Jika kamu berdua mencetak dan memindai lebih dari beberapa kali seminggu atau secara rutin perlu memindai kedua sisi dokumen, memiliki all-in-one mungkin sepadan dengan biayanya. Tetapi jika kamu tidak banyak memindai, kamu dapat mencari mesin cetak-saja yang murah dan aplikasi pemindaian yang bagus. Jadi, sebelum kamu memfilter harga printer, pastikan printer memiliki fitur yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

  • Fungsi Scanning 

Mampu memindai dokumen ke komputer kamu atau perangkat lain adalah fitur yang sangat bagus untuk dimiliki dalam printer nirkabel. kamu mungkin perlu mengunggah dokumen fisik sehingga kamu dapat mengirimkannya kepada seseorang, atau kamu mungkin perlu mengedit dokumen fisik sebelum mencetaknya kembali. Dalam kasus ini, memiliki pemindai resolusi tinggi di tangan adalah aset yang tak ternilai bagi pelajar atau profesional bisnis mana pun.

  • Bisa Fotokopi Dokumen

Terkadang kamu tidak perlu mencetak, tetapi sebaliknya, kamu perlu menyalin dokumen yang sudah kamu miliki. Di masa lalu, kamu akan memerlukan mesin fotokopi seperti Xerox untuk melakukan ini, tetapi saat ini, banyak printer all-in-one dapat menyalin dokumen, dan beberapa bahkan dapat menyalin foto berwarna, yang merupakan fitur bagus untuk dimiliki di kantor pusat.

  • Mampu Mengirim Faks

kamu mungkin berpikir bahwa dokumen faks adalah peninggalan dari tahun 90-an, tetapi kenyataannya jutaan dokumen masih mendapatkan faks setiap hari untuk tujuan bisnis. Untuk alasan ini, selalu ada fitur yang bagus untuk dimiliki, terutama jika kamu bekerja dari jarak jauh dan perlu mengirim dokumen fisik ke kolega, klien, atau rekan kerja kamu.

  • Harga mesin printer

Sebelum membeli printer, wajar jika kamu sudah menyiapkan sejumlah dana untuk dibelanjakan. Sebagai catatan, umumnya harga printer inkjet lebih murah daripada printer inktank. Namun, tidak ada salahnya untuk membandingkan harga di toko offline maupun online. Ingat, belilah di toko resmi agar kamu bisa mendapatkan garansi resmi dari brand tersebut sehingga tidak akan kesulitan nantinya jika terjadi apa-apa.

  • Sudah wireless

Seperti yang umumnya terjadi dalam kehidupan, lebih banyak lebih baik daripada lebih sedikit, dan hal yang sama berlaku untuk fitur pada printer nirkabel—coba pilih salah satu yang dapat melakukan yang terbaik untuk kamu karena kamu tidak pernah tahu kapan kamu membutuhkan fitur ini.

printer canon

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa printer wireless membutuhkan jaringan dan konektivitas, dengan opsi yang paling umum adalah berbasis Wi-Fi atau LAN. Pada dasarnya, sebagian besar printer nirkabel akan bekerja melalui jaringan Wi-Fi apa pun, tetapi periksa kembali untuk memastikan bahwa printer berfungsi dengan intranet dan di lingkungan LAN jika itu yang kamu butuhkan. Saat ini, banyak model juga mendukung Bluetooth, jadi perhatikan juga.

Prinsipnya cukup sederhana, printer nirkabel melakukan hal yang sama persis seperti yang dilakukan printer konvensional non wireless—mereka dapat mencetak dokumen. Perbedaannya adalah bahwa printer nirkabel menerima file untuk dicetak melalui Wi-Fi atau jaringan lokal daripada melalui kabel fisik yang berjalan dari perangkat kamu ke printer, yang berarti tidak ada lagi kabel yang tersandung atau kabel yang rusak.

Kamu bisa menggunakan fitur ini langsung dari smartphonemu, baik untuk android ataupun iOS. Pengguna Apple misalnya, dapat mengakses Airprint. Apple Airprint adalah teknologi baru yang tersedia di sebagian besar perangkat iOS dan OS X. Manfaat utama Airprint adalah memungkinkan kamu untuk mencetak langsung dari iPhone atau perangkat Apple lain yang kompatibel tanpa perlu mengunduh perangkat lunak tambahan atau menginstal dan terus memperbarui driver perangkat.

Airprint juga cukup relatif mudah digunakan ke dalam sebagian besar printer nirkabel bagus yang ada di pasaran saat ini. Yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa printer yang ingin kamu cetak berjalan pada jaringan Wi-Fi yang sama dengan perangkat Apple kamu, dan kamu harus siap melakukannya. Jadi, jika kamu memiliki perangkat Apple, periksa untuk memastikan bahwa printer nirkabel yang kamu pertimbangkan memiliki fitur kompatibilitas Apple Airprint, karena ini adalah fitur yang sangat bagus untuk dimiliki. Semoga segera menemukan printer yang tepat ya.

5 Poin Penting Sebelum Membeli Printer, Harus Ada Ini | Destiara Cahaya | 4.5