Mengenal Otot Polos, Perannya Sering Tidak Kita Sadari

By On Rabu, September 29th, 2021 Categories : info kesehatan

Mengenal Otot Polos

Banyak orang pergi ke gym untuk melatih otot mereka, membangun massa dan membuatnya menjadi lebih berisi. Memiliki otot yang terlatih dapat memperkuat tulang dan tendon sehingga membantu mencegah patah tulang, keseleo ataupun cedera otot robek. Otot ini merupakan bagian dari otot rangka yang memungkinkan kita untuk bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari. Berperan penting dalam pernapasan, membantu menjaga postur tubuh dan keseimbangan. Otot rangka juga melindungi organ-organ vital dalam tubuh.

Namun selain otot rangka, manusia memiliki otot lainnya yaitu Otot jantung dan juga otot polos. Otot jantung sesuai namanya terletak di jantung dan berfungsi untuk mengatur detak jantung. Otot-otot ini bekerja secara otomatis tanpa henti selama kita hidup. Otot-otot jantung akan berkontraksi sehingga jantung dapat memompa darah kemudian mengendur sehingga dapat terisi darah kembali. Otot jantung termasuk sebagai otot involunter yang gerakannya terjadi tanpa ada perintah dari kita.

Otot polos dan fungsinya

Mengenal Otot polos dinamakan demikian karena sel otot ini tidak memiliki motif seperti layaknya otot rangka. Otot ini terdapat di dinding organ berongga seperti usus, kandung kemih, sistem pernafasan, pembuluh darah dan sistem reproduksi. Otot-otot ini bekerja secara otomatis, tanpa kita sadari tengah melakukannya. Tidak seperti otot rangka, otot polos bekerja tidak bergantung pada perintah adar dari kita.

Banyak gerakan tubuh yang terjadi karena ada kontraksi otot polos. Gerakan ini termasuk gerakan peristaltik dinding usus yang mendorong makanan ke depan, rahim berkontraksi saat melahirkan, dan pupil menyusut dan mengembang untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata. Otot polos juga berfungsi untuk mengubah ukuran iris dan mengubah bentuk lensa; dan di kulit yang menyebabkan rambut berdiri tegak sebagai respons terhadap suhu dingin atau ketakutan.

otot polos

Organ utama dari sistem peredaran darah adalah jantung, untuk bekerja organ ini menggunakan otot jantung. Namun, untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah adalah tugas dari sel otot polos. Fungsi otot polos dalam sistem peredaran darah antara lain:

  • Otot polos menentukan aliran darah di arteri.
  • Di arteri, gerakan otot polos mempertahankan diameter arteri.
  • Otot polos di arteri dan vena sebagian besar bertanggung jawab untuk pengaturan tekanan darah.
  • Arteri memiliki dinding tebal karena sel otot polos, yang membantu mereka membawa darah dari jantung ke setiap bagian tubuh.

Untuk memelihara kinerja otot kita harus menjaga pola makan yang sehat agar bisa memberikan nutrisi yang cukup untuk jaringan otot. Makanlah makanan yang mengandung protein, kalsium, vitamin d, potassium, dan sodium. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara teratur agar tubuh bisa tetap dalam keadaan terbaiknya.

 

Mengenal Otot Polos, Perannya Sering Tidak Kita Sadari | Destiara Cahaya | 4.5