Tips Menghilangkan Karang Gigi dan Pencegahannya

By On Selasa, Mei 10th, 2022 Categories : info kesehatan

Banyak orang mengabaikan kebersihan gigi dan mulut padahal hal ini sangatlah penting bagi kesehatan. Karena jika gigi sudah sakit maka itu sungguh tidak menyenangkan! Rasanya apapun menjadi tidak enak. Kita tidak bisa lagi bisa menikmati makanan dengan leluasa, gigi senat-senut juga membuat kita tidak bisa beristirahat dengan tenang. Belum lagi masalah bau mulut yang bisa membuat kita menjadi minder saat bertemu dengan seseorang.

Sederhananya, dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut maka hal itu akan mencegah kerusakan gigi, menghindari penyakit gusi dan membantu mencegah bau mulut. Selain itu dengan mulut yang bersih dan terjaga akan membuat kita memiliki penampilan yang lebih menarik sehingga lebih percaya diri ketika berbincang dengan orang lain.

menghilangkan karang gigi

Apa itu karang gigi dan bagaimana karang gigi terbentuk?

Salah satu masalah yang sering dialami oleh gigi adalah adanya karang gigi. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya perawatan yang teratur. Karang gigi atau juga dikenal sebagai kalkulus gigi dalam istilah kedokteran adalah plak yang menumpuk hingga mengeras di bawah dan di atas garis gusi. Pada awalnya, plak dan bakteri merusak email gigi dan membentuk gigi berlubang, dan jika ini tetap dibiarkan maka plak akan menumpuk dan akan mengeras menjadi karang gigi.

Makanan tertentu seperti kopi, soda, dan kebiasaan merokok dapat membuat karang gigi semakin parah. Ini karena karang gigi dapat menjebak noda sehingga kemudian menyebabkan perubahan warna pada gigi. Hal ini tentu tidak ingin kita alami, karena kita menjadi tidak bisa dengan lepas tersenyum.

Cara Menghilangkan Karang gigi

karang gigi

Menghilangkan karang gigi disebut juga dengan scaling, ini adalah prosedur khusus untuk menghilangkan karang gigi yang dilakukan oleh dokter gigi. Karena untuk menghilangkan plak yang sudah terlanjur membandel menjadi karang gigi tidak akan cukup hanya dengan menyikat gigi seperti biasanya. Setelah karang gigi menumpuk itu akan membuat perubahan warna kuning pada gigi dan menyebabkan bau mulut. Dan jika sudah demikian, dokter gigi adalah pilihan terbaik untuk membersihkan semuanya.

Lalu seberapa sering kita harus melakukan pembersihan karang gigi? Tentunya setiap orang memiliki gaya hidup yang berbeda yang akan membuat kondisi giginya juga berbeda-beda. Namun secara umum menjadwalkan kunjungan setidaknya setiap 6 bulan sekali akan membantu kita menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Pada dasarnya karang gigi dapat dicegah, berikut adalah beberapa tips yang bagus untuk mencegah terbentuknya karang gigi:

  • Menyikat gigi dan gusi dengan lembut dua kali sehari akan efektif membersihkan gigi dari plak dan bakteri
  • Menggunakan benang gigi sekali sehari akan membantu melawan pembentukan karang gigi
  • Pemeriksaan gigi dan pembersihan gigi secara teratur
  • Diet seimbang dengan makanan sehat
  • Berhenti merokok
  • Jauhi makanan dan minuman yang bisa menodai gigi seperti kopi, minuman bersoda.

Gigi memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Gigi membantu kita mengunyah dan mencerna makanan, membantu kita berbicara dengan jelas, dan juga membentuk wajah kita. Selain itu, dengan gigi yang sehat dan bersih akan memberi kita kepercayaan diri yang lebih besar sehingga bisa memengaruhi kehidupan sosial, karier, dan hubungan yang sedang dijalin.

Karena itu, sangatlah bijak untuk melakukan perawatan terbaik bagi kesehatan gigi dan mulut kita. Lakukan sikat gigi secara teratur dan kunjungi dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali agar gigi dan mulut senantiasa sehat.

Tips Menghilangkan Karang Gigi dan Pencegahannya | Destiara Cahaya | 4.5